Korban Gunung Kelud Berharap Dapat Ganti Rugi

  Korban Gunung Kelud Berharap Dapat Ganti Rugi

Kediri-Ribuan rumah di Desa Pandan Sari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa timur, rusak parah diterjang erupsi Gunung Kelud, Kamis (13/2) lalu. Warga yang kehilangan rumah tinggal ini berharap agar pemerintah setempat dapat membantu memperbaiki rumah mereka.

Safei (50) salah satu warga sedih melihat kondisi rumahnya yang rusak karena tumpukan pasir vulkanik. Pria yang bekerja sebagai petani ini, tak sanggup memperbaiki rumahnya jika tidak ada bantuan dari pemerintah.

"Sudah hancur mas rumahnya, kalau disuruh perbaiki belum ada duit. Harapanya sih ada bantuan dari pemerintah," katanya saat berbincang dengan merdeka.com, Minggu (16/2).

Safei yang telah tinggal puluhan tahun di Desa Pandan Sari menuturkan, letusan Gunung Kelud diluar dugaan warga sekitar.

"Sebelumnya belum ada pemberitahuan ada tanda-tanda meletus. Tapi waktu status siaga sudah dikasih tahu. Tapi karena biasanya nggak pernah sampai sini, jadi kita nggak khawatir," ucapnya.

Sementara itu Sukirman, manta kepala desa Pandan Sari mengatakan, total warga di desa itu adalah sekitar 1.243 kepala keluarga. Menurutnya, hampir semua rumah warga rusak karena terjangan hujan abu saat Kelud meletus.

"Sekitar 90 persen rumah warga rusak. Pastinya mereka butuh bantuan pemerintah untuk, dapat memperbaiki kembali rumahnya," ucap Sukirman. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index