Sosialita

Bercinta Lebih Menyenangkan Saat Menopause, Ini Alasannya

JAKARTA - Saat berusia di atas 50 tahun dan wanita sudah memasuki masa menopause, hubungan suami istri terkadang jadi kurang menyenangkan untuk beberapa pasangan sehingga rutinitas bercinta pun jadi kurang menyenangkan.
 
Dibalik ketidaknyamanan tersebut, ada beberapa hal yang bisa jadi alasan mengapa sebenarnya bercinta bisa jadi lebih menyenangkan ketika anda berusia di atas 50 tahun
 
1. Tidak perlu takut hamil
Menurut profesor kedokteran, fisiologi, dan biofisika di University of Colorado, Margaret E Wierman, MD, usia 40 hingga 50 tahun masih menjadi titik kecemasan bagi perempuan karena mereka masih bisa hamil. Namun, setelah menopause kekhawatiran itu justru hilang.
 
2. Tidak ada yang mengganggu
Setelah berusia 50 tahun, anak-anak bisa dipastikan tidak akan mengganggu anda berdua di kamar tidur sebab mereka sudah dewasa. Padahal, menurut Amanda Richards, MD, profesor kebidanan dan ginekologi di University of Miami Miller School of Medicine, waktu adalah faktor yang sangat besar dalam kualitas hubungan suami istri.
 
"Saat menopause, wanita lebih mempunyai banyak waktu untuk diri sendiri atau ketika bersama pasangannya karena anak-anak tidak ada lagi yang akan menggangu," kata Amanda, seperti dilansir laman Health.com, Senin (10/2).
 
3. Anda tahu apa yang anda inginkan
Menopause adalah waktu yang sangat mendefinisikan bagi kebanyakan wanita. Banyak dari mereka menyadari jika bukan saat ini, kapan lagi mereka akan menikmati hubungan seksualnya.
 
Setelah menopause banyak wanita yang merasa berada di zona nyaman sehingga mereka bisa tahu apa yang diinginkan dan apa yang sebenarnya bisa membuat mereka merasa nyaman.
 
4. Anda ingin rutinitas bercinta yang lebih
Hormon seksual bisa saja berkurang setelah menopause. Namun, ini bukan alasan untuk menghambat aktivitas bercinta. Misalnya dengan pil kb atau obat pengganti hormon masih bisa dieksplorasi untuk meningkatkan libido.
 
5. Stabil secara finansial
Dengan tidak ada lagi pengeluaran besar dalam rumah tangga misalnya biaya anak sekolah, anda bisa memanfaatkan uang simpanan untuk menikmati masa tua terutama memanjakan diri dengan pasangan pergi ke suatu tempat atau membeli furniture yang bisa membuat hubungan seksual makin nyaman.
 
6. Bebas bereksperimen
Kekeringan vagina adalah masalah umum yang dirasakan wanita pasca menopause. Meski demikian, jangan ragu untuk bereksperimen dengan pasangan menggunakan berbagai macam pelumas untuk bisa mendapatkan hubungan di ranjang yang tetap berkualitas. (rep03)
 

[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]