Ini Alasan Pengumuman CPNS K2 Molor

Ini Alasan Pengumuman CPNS K2 Molor

JAKARTA-Pemerintah beralasan penundaan pengumuman CPNS K2 terjadi karena adanya kendala teknis. Ada beberapa wilayah yang perlu perundingan khusus pemerintah, karena tidak semua honorer memenuhi kriteria seperti yang ditetapkan pemerintah. Termasuk guru-guru di pedalaman.

"Kalau kita bicara 30 persen ya 180 ribu selesai. Komputer bilang sekian ya selesai, habis. Tapi ada daerah di kepulauan sana, gurunya yang ada itu saja (kriterianya). Kita enggak bisa pakai lagi rumus," kata Menteri PAN-RB Azwar Abubakar, dalam jumpa pers di Kantor Presiden, kompleks Istana Negara, Jakarta, Jumat (7/2/2014).

"Duduk kita bicara, gimana selesaikan ini. Saya enggak usah kasih tahu nama daerahnya lah. Di pedalaman, bahkan ada anak SMP mengajar, anak SMA juga. Jadi kita mesti berunding jugalah. Enggak bisa dengan komputer lalu selesai begitu aja," lanjut Azwar.

Mengingat pertimbangan tersebut, pemerintah memutuskan mengumumkan honorer K2 secara bertahap. Sementara sebagian wilayah yang masih dalam pertimbangan pemerintah, karena tidak sesuai kriteria terutama di wilayah pedalaman akan dibahas lagi bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Ia memastikan hasil seluruh kelulusan tes kemampuan dasar (TKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari jalur tenaga honorer kategori II (K2) akan diumumkan secepatnya. "Kalau bisa minggu ini diselesaikan semua. Sebagian kita bicarakan dengan Presiden. Kita rapikan. Sekali kita keluarkan jangan sampai ada masalah," tandasnya.

Pemerintah, tegasnya, ingin agar anggaran belanja yang tersedia di APBN 2013 dan APBN 2014 untuk pengangkatan pegawai honorer sebagai PNS bisa dimanfaatkan dengan optimal. ''Pokoknya mereka diangkat dengan anggaran 2013 dan 2014. itu tidak hilang. Mereka masih kerja di lapangan sekarang, sekali kita keluarkan , jangan ada masalah,'' kata Azwar. (cr01/hrc)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index