Kendaraan Tanpa Lampu Makin Banyak di Pelalawan

 Kendaraan Tanpa Lampu Makin Banyak di Pelalawan
PELALAWAN - Saat ini, semakin banyak kendaraan bermotor roda dua yang tidak menggunakan lampu depan belakang dan lampu sein di Pelalawan terkhusus di Ibukota Pangkalan Kerinci. Kondisi ini dinilai warga menggangu pengendara dan rawan kecelakaan. 
 
Saat media ini mendatangi salah seorang pengendara yang tergolong masih pelajar, sebut saja namanya Budi (18 tahun) Kamis (23/1) mengaku bahwa kendaraan yang dibawanya memang disengaja tidak menggunakan lampu. Dirinya mengaku hafal dengan kondisi jalan di Pangkalan Kerinci.
 
"Kalau bawa kendaraan tidak pakai lampu lebih tertantang, Bang, bawaanya. Adrenalin kita jadi terpacu dan ada sensasi lain. Kita lebih fokus berkendaraan biar tak menabrak," katanya.
 
Ditanyakan apakah kendaraan tanpa menggunakan lampu ini berkelompok, Budi menjawab tidak ada tapi paling tidak kalau berkendara sama teman-teman ada 2 atau 3 kendaraan yang tanpa lampu satupun. "Jadi ikut-ikutan saja yang lain. Kalau ada yang tidak pakai lampu mungkin mereka tak mau beli lampu mungkin, Bang. Kalau ini memang kita sengaja tidak pakai lampu. Lain jadinya, kita lebih percaya diri berkendara, dan kalau ada polisi ataupun razia ya kabur," ujarnya. 
 
Salah seorang warga Jalan Sejahtera Ardi (34 tahun), mengaku kesal dengan perilaku pengendara kendaraan bermotor yang tidak menggunakan lampu. Karena sangat rawan kecelakaan dan mengganggu pengendara lain.
 
"Saya saja sering rem mendadak saat dijalanan karena berpapasan dengan kendaraan yang tidak menggunakan lampu. Jelas kita tidak melihat dari jauh kalau lampu kita berhadapan dengan kendaraan tersebut baru terlihat, " kesalnya. 
 
Menyikapi hal ini, Kasatlantas Polres Pelalawan AKP.Afrizal yang dihubungi via selulernya menyatakan perbuatan pengemudi yang tidak menggunakan lampu merupakan pelanggaran yang fatal dan berat. Karena akan rawan kecelakaan dan mengganggu aktifitas di jalanan.
 
"Ini pelanggaran pengendara dalam berlalu lintas.Banyak hal yang harus dicermati saat berkendara di jalanan termasuk soal lampu ini," katanya.
 
Ditambahkannya, pihaknya akan melakukan patroli dan akan menindak pengendara yang tidak melengkapi aturan-aturan berkendara di jalan raya. "Kita berharap pengendara untuk tertib berlalu lintas karena keselamatan sangat diutamakan. Karena itu, perlengkapan kendaraan dan si pengendara harus sesuai dengan aturan," tutupnya. (rep03)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index