Ternyata Cokelat dan Anggur Merah Bisa Sembuhkan Diabetes

Ternyata Cokelat dan Anggur Merah Bisa Sembuhkan Diabetes
Jakarta - Diabetes merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang tubuh masyarakat modern saat ini. Meski diklaim sebagai penyakit turunan, konsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi dan tak dikontrol menjadi penyebab utama. Jika sudah terjangkit penyakit ini, biasanya orang itu harus mengkonsumsi obat sepanjang hidupnya. 
 
Meski obat adalah 'jalan pintas' untuk sembuh, sebuah penelitian yang dilakukan di University of East Anglia di Norwich, Inggirs, menduga bahwa cokelat dan anggur merah bisa menyembuhkan diabetes. Peneliti sepakat kandungan flavanoid yang tinggi pada cokelat dan anggur merah dapat memberikan perlindungan pada penderita diabetes tipe 2 untuk mengatur kadar gula.
 
"Perubahan kecil pada diet normal penderita gula dapat memiliki efek samping yang signifikan. Penelitian kami menunjukkan bahwa satu porsi buah setiap hari dapat membantu mengontrol kadar gula darah Anda. Selain itu, cokelat dan anggur juga bisa mencegah Anda dari serangan jantung," kata kepala penelitian, Profesor Aedin Cassidy sebagaimana dilansir Tempo.co. 
 
Penelitian ini melibatkan 2.000 wanita penderita diabetes. Mereka diminta untuk mencatat semua makanan dan minuman yang mereka konsumsi. Para wanita ini juga diminta mencatat kadar gula dari sampel darah mereka.
 
Ternyata, perubahan kadar gula darah terlihat saat mereka banyak memakan makanan yang mengandung flavanoid, yang dapat mengatur kadar insulin. Selain mengatur kadar gula, flavanoid juga dipercaya dapat mencegah peradangan kronis. Kandungan flavanoid juga bisa ditemukan pada tanaman hijau, kecuali alga. (rep03)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index