Sehari, Gunung Sinabung Alami Empat Kali Erupsi

 Sehari, Gunung Sinabung Alami Empat Kali Erupsi
Kabanjahe-Gunung Sinabung belum berhenti memuntahkan lava cair dan awan panas dalam aktivitas erupsinya. Pada hari ini, Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung mencatat ada sebanyak empat kali erupsi yang terjadi.
 
"Ya, ada sebanyak empat kali erupsi pada hari Senin ini," kata salah seorang staf Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung, Danu, Senin (20/1).
 
Danu memaparkan Gunung Sinabung meluncurkan awan panas pada pukul 06.40 WIB selama 74 detik. Sedangkan pada pukul 07.20 WIB, awan panas dimuntahkan selama 45 detik. Awan panas ini diluncurkan ke arah tenggara Gunung Sinabung dengan jangkauan 1,5 kilometer. Letusan ini masih dikategorikan sebagai letusan kecil karena durasi muntahan awan panasnya kurang dari 100 detik.
 
Kemudian erupsi kembali terjadi pada pukul 11.33 WIB dengan durasi 150 detik dengan awan panas menjangkau ke arah tenggara sejauh 4.000 meter dengan menyusuri sungai. Erupsi terakhir pada hari ini terjadi pada pukul 14.50 WIB dengan durasi selama 139 detik dan awan panas mengalir ke arah tenggara sejauh 1.000 meter.
 
"Meski jangkauannya jauh tapi kita tetap pada instruksi radius 5 kilometer, belum akan menjangkau lebih jauh lagi," jelasnya. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index