DPR Siap Dukung Pembangunan Tol Trans Sumatra

 DPR Siap Dukung Pembangunan Tol Trans Sumatra
Jakarta-Anggota komisi V DPR RI yang membidangi infrastruktur dan perhubungan, Nursyiwan Soedjono, mengungkapkan rencana pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) harus segera direalisasikan pemerintah. Menurut dia, ini adalah bentuk komitmen pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di luar Jawa. 
 
Nursywan, dalam siaran persnya, Kamis 16 Januari 2013 mengungkapkan ada beberapa program dari MP3EI yang belum berjalan, dan salah satunya adalah tol trans Sumatra. “Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera poinnya ada di Presiden. Jika pemerintah sudah mengeluarkan ide atau rencana pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera, harusnya segera dieksekusi dengan cara mengeluarkan Perpres,” katanya.
 
Jika perpres sudah dikeluarkan, Nursywan mengungkapkan pihak DPR RI siap mendukung pembangunan jalan tol sepanjang mencapai dua ribu kilometer itu. Dia menjelaskan, rencana pembangunan JTTS sudah  melalui pengkajian yang matang. Dengan kajian ini menurutnya seharusnya pemerintah segera merealisasikannya. 
 
“Sampai saat ini tidak ada alasan pemerintah untuk  menolak atau menunda-nunda Perpres tersebut,” katanya
 
Lebih lanjut ia menyatakan pembangunan jalan tol ini sudah diamanatkan oleh Undang-undang APBN Perubahan (UU APBN-P) tahun 2013. Dalam UU itu disebutkan, Negara memberikan penugasan kepada BUMN sebagai pengembang dan operator jalan tol trans Sumatra.
 
Ketua Gabungan Pelaksana Konstruksi Indonesia (Gapensi), Soeharsojo, mengungkapkan segenap masyarakat Sumatra berharap di tahun terakhir pemerintahaannya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dapat segera mengeluarkan Perpres sebagai payung hukum Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera.
 
“Perpres tersebut akan menjadi warisan berharga yang akan selalu dikenang bangsa Indonesia yang tinggal maupun yang akan menginjakkan kakinya di pulau Sumatera,” ujarnya. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index