Relokasi Rumah Potong Babi Gagal Dilakukan

Relokasi Rumah Potong Babi Gagal Dilakukan
SELATPANJANG - Singkatnya waktu pelaksanaan program APBD Perubahan Tahun 2013 lalu menyebabkan gagalnya realisasi fisik dan anggaran pembebasan lahan untuk pembangunan rumah potong babi oleh Dinas Pertanian, Peternakan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Kabupaten Kepulauan Meranti.
 
Demikian diungkapkan Kepala DPPKP Kabupaten Kepulauan Meranti, Yulian Norwis, ketika ditemui wartawan di Selatpanjang. Ia mengaku tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan pembebasan lahan tersebut, termasuk program renovasi rumah potong sapi di gelora Selatpanjang, bernilai Rp175 juta.
 
“Bagaimana kita mau melakukan program-program tersebut, jika waktu yang tersedia tidak lebih sebulan. Sementara alokasinya berada dalam APBD Perubahan 2013,” katanya kepada wartawan.
 
Ditambahkan Yulian Norwis lagi, anggaran pembebasan lahan sebanyak Rp432 juta itu dikembalikan ke kas daerah dan akan kembali diusulkan pada tahun anggaran 2014 ini. Termasuk juga rencana pembangunannya.
 
“Makanya kita sangat menyayangkan kenapa penganggaran untuk pembebasan lahan itu terlambat. Sehingga kita kesulitan dengan waktu yang sedikit dan mepet. Daripada beresiko, lebih baik kita kembalikan uangnya,” tambah Yulian Norwis lagi.
 
Bahkan untuk mendukung pembangunan rumah potong babi itu, perizinan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL)-nya sendiri sudah selesai dilakukan, tinggal pembangunannya saja yang akan dikerjakan setelah anggaran disahkan.
 
“Untuk pembangunan rumah potong babi ini, kita usulkan Rp 470 juta. Jadi nantinya seluruh pemotongan babi dipusatkan di lokasi itu,” katanya.
 
Dalam realisasi rumah potong ini nantinya tambah Yulian pihaknya akan bekerjasama dengan Disperindagkop UKM, Badan Lingkungan Hidup, serta Dinas Pasar, Kebersihan dan Pertamanan (DPKP). Sehingga bisa dilaksanakan secara maksimal.
 
Sedangkan untuk pembebasan lahan dan pembangunan rumah potong babi sendiri akan dilaksanakan di belakang pasar sandang pangan. “Kalau ada pemotongan babi lagi ditempat lain nantinya selain di rumah potong babi yang sudah kita buat, maka akan kita tertibkan,” tegasnya. (sas/rep01)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index