Partai Demokrat Merasa Dihukum Oleh Publik

 Partai Demokrat Merasa Dihukum Oleh Publik
Jakarta-Partai Demokrat merasa dihukum berat oleh publik sehingga sulit meningkatkan elektabilitasnya. Penyebabnya adalah deretan kasus korupsi yang melibatkan petinggi partai penguasa tersebut. 
 
Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Hayono Isman, mengatakan, besarnya sorotan publik pada partainya merupakan risiko sebagai partai politik yang menang dalam pemilihan umum 2009. Ia yakin, pada waktunya, kepercayaan publik pada Demokrat akan meningkat secara perlahan. 
 
"Kita akui merasa dapat hukuman publik yang luar biasa. Memang ada oknum Demokrat yang korupsi, tapi kita yakin publik akan kembali percaya," kata Hayono, di Jakarta, Sabtu (4/1/2013). 
 
Di 2014, kata Hayono, seluruh mesin partainya akan semakin gencar mengupayakan peningkatan elektabilitas. Meski begitu, ia sadar upaya itu tak akan tercapai dengan mudah. Pasalnya, sorotan publik yang kecewa pada Demokrat masih ada dan jelas terasa. 
 
"Bukan pekerjaan yang mudah bagi Partai Demokrat karena elektabilitas kami sedang turun. Namun kita percaya diri, tetap menjaga komitmen, kami yakin pada saatnya nanti akan ada kenaikan," pungkasnya. 
 
Seperti diketahui, elektabilitas Demokrat terus merosot setelah sejumlah petingginya terjerat kasus korupsi. Di antaranya adalah mantan Sekretaris Dewan Pembina Partai Demokrat Andi Alfian Mallarangeng, dan mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum. 
 
Sederet kasus korupsi di Demokrat akhirnya juga menciptakan kegaduhan di internal partai tersebut. Buntutnya, partai koalisi pendukung pemerintah mulai tidak solid, dan sorotan publik ke Demokrat juga semakin sinis. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index