Ini Dia, Syarat Jokowi Dapatkan Kembali Gitar Metallica

Ini Dia, Syarat Jokowi Dapatkan Kembali Gitar Metallica
Jakarta : Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo harus merelakan gitar pemberian personel band Metallica, Robert Trujillo, menjadi milik negara. Namun, KPK masih memberi Jokowi kesempatan untuk memiliki kembali gitar tersebut.
 
Direktur Gratifikasi KPK Giri Supradiyono menyebutkan, Jokowi bisa kembali mendapatkan gitar bass tersebut dengan mengikuti lelang yang dilakukan Kementerian Keuangan.
 
"Nanti kemungkinan ada 2 hal, pertama di lelang. Kita serahkan ke Kemenkeu untuk lelang. Dan Pak Jokowi bisa memilikinya lagi. Tapi jadi lebih mahal kan," ujarnya. 
 
Kemungkinan kedua, lanjut Giri, gitar merk Ibanez itu akan ditaruh di museum. "Kedua, kelihatannya kami dalam posisi hampir sepakat, gitar itu ditaruh di tempat yang orang bisa belajar semuanya. Bisa saja di museum," kata Giri.
 
KPK punya alasan kuat kenapa gitar itu harus disita. "Jadi itu pemberian terkait jabatan dan diberikan oleh Jonathan Liu sebagai promotor. Dan Jonathan Liu-lah yang punya inisiatif untuk meminta temannya mengambil gitar dan meminta tanda tangan (Trujillo) untuk gitar tersebut. Jadi ada unsur kepentingan," tegas Giri.
 
Selain itu, tambah Giri, dalam gitar tersebut terdapat dua tulisan dari tangan yang berbeda. Tulisan 'Giving Back' di gitar itu juga menjadi dasar KPK menganggap pemberian tersebut adalah gratifikasi.
 
"Karena gitar itu ada tulisan 'Giving Back', dalam bahasa Indonesia bisa diartikan minta timbal jasa. Dan tulisan itu berbeda dengan tulisan yang lain. Tanda tangan Trujillo yang beda dan itu orang lain yang tulis. Orang lain yang nambahin," jelas Giri.
 
Pada 3 Mei lalu, Jokowi menceritakan awal mula bagaimana bass bermerek Ibanez tersebut diberikan padanya. "Awalnya teman saya bernama Jonathan Liu ke Amerika bertemu dengan Trujillo untuk mengundangnya konser di Indonesia," tutur Jokowi.
 
Selain dihadiahi bass yang telah ditandatangani Trujillo, Jokowi juga mendapatkan CD asli band Metallica. Di hadapan para wartawan, Jokowi juga memamerkan foto Trujillo tampak bertopi dengan bass yang diberikan kepadanya. "Ini foto Trujillo sebelum gitarnya dikasih ke saya. Bagus kan," ujar Jokowi.(rep03)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index