Ini Dia Kiat Usir Flu Selama Liburan

Ini Dia Kiat Usir Flu Selama Liburan
Liburan merupakan waktu yang berharga untuk berkumpul bersama keluarga.. Namun aktivitas  tersebut tentu tidak akan terasa menyenangkan ketika flu datang menyerang. Meskipun begitu para pakar sepakat, risiko terserang flu bisa dikurangi.
 
Berikut adalah lima hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari flu di musim liburan.
 
1. Jangan sentuh wajah Anda.
Meskipun kebanyakan orang tidak sadar saat menyentuh wajah, namun sebenarnya kegiatan satu ini dapat menjadi sarana penyebaran penyakit. Michael Langan, dokter primer dan asisten profesor di Ohio State University Wexner Medical Center mengatakan, kapan pun Anda menyentuh membran mukus, seperti mata, hidung, dan mulut, penularan penyakit bisa saja terjadi.
 
"Karena itu, menghindari menyentuh wajah adalah cara untuk mengurangi risiko penularan penyakit," ujar Langan. 
 
Studi sebelumnya menunjukkan, orang mengontaminasi tangan mereka lebih sering daripada frekuensi mereka mencuci tangan.
 
2. Cuci tangan.
Menurut pusat pengontrolan dan pencegahan penyakit Amerika Serikat (CDC), sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dapat mencegah penyebaran penyakit bagi diri sendiri dan orang lain. "Cuci tangan merupakan cara terbaik untuk berjaga-jaga terhadap penyebaran penyakit," ujar Langan.
 
Cara mencuci tangan pun perlu mendapat perhatian khusus agar mikroba dapat mati dengan sempurna. CDC menyarankan untuk mencuci tangan minimal selama 20 detik. Jika sulit untuk menemukan air dan sabun, Langan menyarankan untuk mengusap tangan dengan hand sanitizer berbasis alkohol untuk membantu menghilangkan mikroba.
 
3. Vaksinasi flu.
CDC mengatakan, vaksinasi flu merupakan cara terbaik untuk melindungi diri dari flu. Namun cara ini baru efektif jika dilakukan beberapa bulan sebelum memasuki musim flu. Ini karena tubuh membutuhkan waktu sebelum membentuk antibodi alami yang dirangsang oleh vaksin. 
 
Karena itu, Langan mencatat mencuci tangan masih merupakan cara terbaik untuk mencegah penularan penyakit.
 
4. Hindari orang yang sedang flu.
Untuk mencegah tertular flu, sebisa mungkin orang harus menghindari kontak dengan orang yang sedang flu. Terutama pada mereka yang memiliki risiko tinggi komplikasi dari flu, misalnya orang dengan penyakit jantung, gangguan liver, diabetes, atau sedang hamil. Selain itu, sebaiknya bayi juga meminimalkan kontak dengan orang yang sedang sakit.
 
5. Tetap aktif dan melakukan kebiasaan sehat.
Langan mengatakan, gaya hidup sehat, termasuk rutin berolahraga, makan sehat, dan tidur cukup merupakan cara yang membantu mencegah terjangkit flu. Termasuk juga, menghindari merokok, serta konsumsi vitamin C, E, dan seng. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index