PWI Riau Agendakan UKW Angkatan IV

PWI Riau Agendakan UKW Angkatan IV
PEKANBARU - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Riau mengagendakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan IV yang akan dilaksanakan di Hotel Ratu Mayang Garden, Jalan Sudirman, 20 Desemeber mendatang sekaligus batas akhir pendaftaran. Agenda ini bertujuan melahirkan wartawan berkualitas dan berkompeten di dalam bidangnya selama mengemban tugas jurnalistik. 
 
Dikatakan Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Provinsi Riau Tun Akhyar, pelaksanaan UKW ini adalah bagian penting yang ditentukan Dewan Pers. ‘’Kita melaksanakan agenda yang ditetapkan Dewan Pers, dan melalui UKW ini wartawan-wartawan Riau kedepan telah memiliki kompentensi," sebutnya dalam rilis yang diterima Metro Riau, Senin, 16/12). 
 
Apalagi, sambungnya, di tahun-tahun mendatang setiap wawancara yang dilakukan wartawan selain menyertakan kartu pers, mereka juga harus menyertakan kartu UKW. "Sejauh ini, Dewan Pers sudah melakukan sosialisasi ke beberapa instansi akan pentingnya uji kompetensi wartawan. Jangan salahkan kedepan, ada instansi-instansi yang menolak diwawancarai karena wartawan yang bersangkutan tidak memiliki kartu UKW,’’ jelasnya Tun. 
 
Selain PWI, organisasi kewartawan lain yang bisa melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW), namun harus mendapat rekomendasi dari Dewan Pers.  Dijabarkan Tun Akhyar, syarat untuk menjadi peserta UKW ini ada beberapa point, diantaranya bekerja pada perusahaan pers, sudah menjadi aggota organisasi profesi wartawan. Peserta UKW dibekali surat tugas dari pimpinan perusahaan pers. 
 
‘’Sama dengan pelaksanaan UKW tahun sebelumnya, dalam UKW angkatan keempat ini juga untuk peserta muda untuk reporter. Madya untuk Asissten Redaktur dan Redaktur, dan Utama untuk setingkat Redaktur Pelaksana sampai penanggung-jawab,’’ sebutnya. 
 
Selain itu, ditambahkan Tun mengingat peserta terbatas, panitia terpaksa membatasi jumlah peserta dan lebih diutamakan kepada yang terlebih dahulu mendaftar ke panitia. ‘’Peserta juga harus bisa mengoperaskan laptop, membawa flasdisk dan juga membawa alat tulis, seperti pena. Pelaksanaan UKW juga memiliki tata tertib, diantaranya memakai pakaian kemeja rapi saat pelaksanaan ujian. Hadir 15 menit sebelum UKW dimulai, dilarang mengaktifkan telepon selular saat UKW, menggunakan ID Card selama UKW berlangsung, dan merokok di sediakan ditempat yang sudah disediakan panitia,’’ jelasnya. 
 
Untuk pendaftaran Peserta Muda, diwajibkan membayar uang pendaftaran sebesar Rp500 ribu, peserta Madya sebesar Rp650 ribu dan peserta Utama membayar uang pendaftaran sebesar Rp750 ribu. ‘’Dari tiga angkatan yang sudah dilaksanakan PWI sejak 2012 sudah melahirkan lulusan sebanyak 110 orang. Peserta juga wajib menyerahkan pas foto warna 3x4 sebanyak 7 lembar dan pendaftaran paling lama tanggal 20 Desember 2013 dan dilaksanakan di Hotel Ratu Mayang Garden, Jalan Sudirman,’’ ujar Tun Akhyar didampingi Sekretaris Panitia Saparuddin Koto.  dilansir metro riau. (rep10)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index