Pemkab Salurkan 537 Ribu Bibit Karet

Pemkab Salurkan 537 Ribu Bibit Karet
BENGKALIS -  Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Perkebunan dan Kehutanan (Disbunhut) kembali akan menyalurkan sebanyak 537 ribu lebih bibit karet kepada seluruh kelompok tani (Poktan). Diharapkan,bantuan tersebut mampu meningkatkan pendapatan petani. 
 
Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Bengkalis, H Herman Mahmud, Senin (16/12) mengatakan, sebagian besar bibit karet tersebut sudah dibagikan kepada Poktan. Sedangkan sisanya dalam waktu dekat ini kembali dibagikan.
 
“Pemkab Bengkalis berkomitmen membantu masyarakat dalam upaya meningkatkan pendapatan keluarga. Selain berbagai program peningkatan kesejahteraan yang direalisasikan pada tahun 2013 ini, Pemkab juga menyerahkan bantuan bibit karet untuk ratusan kelompok tani se-Kabupaten Bengkalis,” ujar Herman.
 
Mantan kadis Perikanan dan Kelautan ini menambahkan, penerima bantuan adalah mereka yang tergabung dalam kelompok tani. Jumlah bibit yang dibagikan kepada Poktan bervariasi, tergantung jumlah kelompok dan luas lahan yang dimiliki.
 
“Bantuan ini tidak untuk perorangan, tapi untuk kelompok tani. Bantuan yang diberikan bervariasi tidak sama satu kelompok dengan kelompok lain, tergantung luas lahan yang mereka miliki,” kata Herman.
 
Sesuai data yang masuk dan yang sudah dibagikan, jumla anggota dalam kelompok tani tersebut ada yang sampai 20 orang bahkan ada juga yang 28 orang. Sedangkan lahan yang mereka miliki ada yang sampai 30hektar.
 
Berdasarkan data penyaluran bantuan bibit karet kata Herman, untuk Kecamatan Bantan, total kelompok tani yang menerima sebanyak 20 kelompok dengan anggota 289 KK. Total lahan yang ada seluas 302 hektar. Untuk Kecamatan Bengkalis, jumlah penerima sebanyak 18 kelompok dengan jumlah anggota 331 KK. Lahan yang tersedia seluas 289 hektar.
 
Sedangkan untuk Kecamatan Bukit Batu, tota kelompok tani yang menerima bantuan sebanyak 5 kelompok, dengan anggota sebanyak 60 KK. Luas lahan yang dimiliki 103 hektar. Kecamatan Siak Kecil, sebanyak 5 kelompok dengan anggota 130 KK, lahan yang dimiliki seluas 146 hektar. Kecamatan Rupat 1 kelompo dengan 25 anggota, lahan seluas 10 hektar. Sedangkan Rupat Utara juga 1 kelompok dengan anggota 20 KK, lahan yang ada seluas 10 hektar.  dilansir metro riau. (rep10)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index