Korban Banjir Mulai Terserang Penyakit

Korban Banjir Mulai Terserang Penyakit

PEKANBARU - Para korban banjir di Kota Pekanbaru mulai terserang berbagai penyakit musiman seperti gatal-gatal pada kulit, Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), hingga dDiare dan Demam Berdarah Dengue. Para korban belakangan ini ramai-ramai ke Rumah Sakit Umum daerah (RSUD) Arifin Achmad Pekanbaru untuk mendapatkan penanganan medis.

Hal ini dibenarkan Staf Humas (RSUD) Arifin Achmad Pekanbaru, Robert, akhir pekan lalu.  Namun, Robert tak merinci jumlah korban secara pasti yang ditangani pihaknya.

"Jumlahnya banyak. Pasien yang berobat untuk penyakit gata-gatal, ISPA, Diare, hingga DBD. Rata-rata mereka korban banjir di Pekanbaru, meski tak seluruhnya yang berobat dari para korban banjir," ujar Robert.

Meski tidak menyebutkan berapa jumlahnya, namun Robert mengatakan jumlah pasien yang datang berobat untuk penyakit-penyakit akibat banjir tersebut lebih banyak dari hari biasanya. Mereka datang ke RSUD Arifin Achmad dengan keluhan-keluhan penyakit seperti itu.

Diterangkannya, para korban penyakit di atas kecuali para korban banjir, datang dari sejumlah puskesmas dan klinik terdekat di pemukiman warga. "Harus kita akui, jumlah pasien kali ini meningkat dari sebelumnya," timpalnya.

Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Sondia Warman, meminta kepada petugas RT/RW agar mesosialisasi kepada warga menyangkut Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). "Pemko juga sedang melakukan fogging. Semoga saja kegiatan itu tepat sasaran," harapnya. dilansir metro riau. (rep10)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index