OMS dan Pemdes Diminta Kerjasama

OMS dan Pemdes Diminta Kerjasama
BUKIT BATU - Organisasi Masyarakat Swadaya (OMS) dan Pemerintah Desa (Pemdes) diminta saling bekerjasama dalam mewujudkan program  Pemerintah Kabupaten Bengkalis menyangkut Instruksi Bupati Program Penguatan Infrastruktur Pedesaan (Inbup PPIP). Sebab, OMS dan Pemdes sebagai ujung tombak menunjang pembangunan desa di setiap kecamatan.
 
Hal itu diutarakan Camat Bukit Batu, M Fadlul Wajdi, Jumat (13/12) di ruang kerjanya. Dirinya mengatakan, Pemdes dan OMS harus memiliki prioritas pembangunan pada tahun 2015 mendatang. Dengan begitu, Pemerintah Kecamatan akan mendapat masukkan dalam menentukan arah kebijakkan pembangunan setelah hasil mufakat dan musyawarah antara Pemdes dan OMS.
 
"Rencana dalam penggunaan dana Inbup PPIP perlu dilakukan, agar tidak ada bentrok antara Pemerintah Kecamatan dan Kabupaten Bengkalis. Pemerintah Desa melalui Kades bersama dengan OMS juga harus memiliki perencanaan dalam pembangunan infrastruktur didesanya masing-masing," ujar Camat.
 
Camat juga berharap, program Inbup PPIP sangat dirasakan keuntungannya oleh masyarakat yang berada di desa. Dimana melalui program Inbup PPIP masyarakat dapat langsung membuat rencana dan program pembangunan infrastruktur di lingkungannya. seperti, pembangunan jalan lingkungan, drainase, jembatan dan sarana umum lainnya yang dapat dikerjakan langsung oleh masyarakat desa.
 
"Ke depan masyarakat desa bisa berperan aktif dalam pembangunan di desanya. Dimana perlu diingat, untuk dalam membuat perencanaan harus fokus. Karena, Inbup PPIP merupakan solusi untuk mempercepat penyediaan infrastruktur pedesaan. Melalui program ini, kita berupaya meningkatkan pemberdayaan masyarakat," tutur Camat.
 
Ia menambahkan, karena dalam Inbup PPIP masyarakat dilibatkan langsung dalam proses pembangunan desa, seperti mengusulkan, merencanakan, melaksanakan kegiatan maupun pengelolaan dan mengawasi langsung pembangunan infrastruktur desa tersebut. Proses pengerjaan di lapangan dilakukan secara gotong royong oleh masyarakat setempat yang dikoordinir oleh organisasi masyarakat setempat (OMS).
 
"Insya Allah, hingga tahun 2015 nanti, melalui program Inbup ini, diharapkan segala persoalan infrastruktur yang ada di desa dapat teratasi," tutupnya.  dilansir metro riau. (rep10)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index