Pemkab Taja Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah

Pemkab Taja Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah
ilustrasi/net
BENGKALIS – Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) menggelar acara pelatihan penyelenggaraan jenazah. Kegiatan ini berlangsung dua tahap, dari tanggal 12–17 Desember dan dibuka Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Bengkalis, H Huzaini, Kamis (12/12).
 
Huzaini mengatakan, pelatihan penyelenggaan jenazah se-Kabupaten Bengkalis untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan kualitas sumber daya manusia dalam hal penyelenggaraan jenazah, juga sebagai ajang silaturrahmi.
 
“Penyelenggaan jenazah hukumnya wajib bagi orang yang hidup dan mampu melaksanakannya. Penyelengaraan ini dimulai dari memandikan, mengapani mensholatkan hingga menguburkan,” kata mantan Kepala BLH tersebut.
 
Dikatakan, dengan dilaksanakan pelatihan tersebut, dirinya berpesan bagi para petugas penyelenggaan jenazah dapt menyerap dan mengaktualisasikan di tengah masyarakat dan mampu memberikan kontribusi positif dalam menjalankan nilai-nilai agama dengan tetap berpegang kepada adat istiadat dan budaya.
 
“Kita semua berharap pelatihan fardhu kifayah ini diharapkan mampu menciptakan generasi baru yang mampu melaksanakan penyelenggaan jenazah, sekaligus buat penyamakan persepsi tentang penanganan fardhu kifayah jenazah. Untuk meningkatkan peran serta dan motivasi masyarakat dalam membentuk lembaga serta kewajiban umat Islam  dalam mengurus jenazah,” papar Huzaini.
 
Sebelumnya, panitia penyelenggara pelatihan penyelenggaraan jenazah melaporkan kalau peserta pelatihan  berjumlah 40 orang. Pelatihan penyelenggaraan jenazah se-Kabupaten Bengkalis dilaksanakan dalam 2 tahap mulai tanggal 12-17 Desember 2013. Kegiatan pelatihan disajikan dalam bentuk paparan materi, tata cara memandikan, mengafani jenazah (teori dan praktek).
 
Adapun instruktur atau nara sumber pelatihan penyelenggaraan jenazah yaitu Amrizal (Dosen STAI Al-Kautsar Bengkalis, Robi’ah (Dosen STAI Al-Kautsar Bengkalis, Ust HA Rahman D dan yang terakhir Prof Syamsul Nizar (Dosen UIN Suska Riau Pekanbaru). Peserta pelatihan penyelenggaraan jenazah tahap I berjumlah 40 orang berasal dari Kecamatan Mandau, Kecamatan Pinggir, Kecamatan Rupat Utara dan Kecamatan Rupat dengan masing-masing kecamatan berjumlah 10 orang. dilansir metro riau. (rep10)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index