Politik

SSS Sebut PAN dan PKS Takkan Lolos ke Parlemen

JAKARTA -- Soegeng Sarjadi Syndicate (SSS) memperlihatkan dua partai menjadi unggulan untuk merajai pemilu mendatang. Dari analisis hasil survei, partai yang diperkirakan akan menduduki posisi dua besar adalah PDI Perjuangan dan Partai Golkar.
 
"Secara hipotesis berpotensi besar menempati posisi satu atau dua," kata peneliti SSS, Ridho Imawan Hanafi, di Jakarta, Kamis (12/12).
 
Berdasarkan hasil survei 20 lembaga dari Februari-Desember 2013, PDIP memiliki elektabilitas 17,40 persen. Sedangkan Golkar ada di urutan kedua dengan 17,01 persen.
Setelah itu, menurut Ridho, ada Gerindra yang menempati posisi ketiga dengan elektabilitas 10,51 persen. Menyusul kemudian Demokrat dengan 8,30 persen. 
 
Ridho mengatakan, hasil survei hanya menunjukkan dua partai lain yang akan lolos ambang batas parlemen, 3,5 persen. Yaitu, Partai Kebangkitan Bangsa (4,18 persen) dan Partai Persatuan Pembangunan (3,65 persen).
 
Dari hasil kajian SSS, hanya sekitar enam partai yang bisa lolos ke Senayan pada pemilu 2014. Sementara Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hanura, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Nasdem dinilai gagal menembus ambang batas. Dua partai lainnya, Partai Bulan Bintang (PBB) dan PKPI bahkan hanya mempunyai elektabilitas di bawah satu persen. dilansir republika.co.id. (rep10)

[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]