Komite IV DPD RI Berkunjung

Bahas Gagalnya Pemko Raih WTP

 Bahas Gagalnya Pemko Raih WTP
PEKANBARU - Komite IV DPD RI kembali menyambangi Kota Pekanbaru. Kedatangan mereka berjumpa dengan Walikota Pekanbaru, Firdaus MT, untuk membahas tentang pengelolaan keuangan daerah, yang menyebabkan kota ini terkendala mendapat opini penghargaan Wajar Tanpa terkecuali (WTP) dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia.
 
Dalam pembahasan yang cukup alot tersebut, langsung dibuka oleh Walikota di Aula Kantor Walikota. Turut dihadiri pejabat struktural, mulai dari kepala Dinas dan Asisiten. 
 
Usai pertemuan Walikota Pekanbaru, Firdaus MT, tujuan kedatangan Komite IV DPD RI membahas tentang pengelolaan keuangan daerah Pekanbaru, dimana tahun lalu Pekanbaru gagal meraih penghargaan WTP.
 
Walikota Pekanbaru menjelaskan, persoalan gagalnya Pekanbaru gagal meraih penghargaan tersebut lantaran adanya temuan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), terkait aset yang menjadi temuan di tahun 2012 lalu. Sehingga hal ini berdampak gagalnya menerima penghargaan tersebut.
 
"Rekomendasi BPK tersebut, telah kita tindaklanjuti untuk menyelesaikan aset-aset ini ke depan pada 2014 nanti akan dilakukan sensus barang daerah," terangya.
 
Sensus ini dilakukan, sebutnya, untuk melacak keberadaan aset Pemko baik yang tetap seperti tanah maupun yang berjalan yaknikendaraan. Sehingga Pekanbaru nanti mendapat opini WTP lagi.
 
"Staretegi kita, bagimana dapat menyelesaikan aset ini kepada mereka dengan melakukan sensus barang daerah, tentunya dengan bekerja sama dengan Badan Pemeriksa keuangan Provinsi (BPKP) maupun instansi lain," terangya.
 
Diakui Wako, inventarisir aset Pemko Pekanbaru saat ini memang sangat sulit dilakuan pendataan. Dikarenakan barang yang tercatat diaset, tapi kondisinya barang tersebut telah habis, seperti perlengkapan kantor.
 
"Perlengkapan kantor tahun dahulu, seperti kursi yang sudah rusak, meja yang tahannya 3-4 tahun lamanya, tentu saat ini tidak ada lagi barangya, sementara itu tercatat di buku aset Pemko. Hal ini yang menjadi kesulitan kita," ucap Wako. dilansir metro riau. (rep10)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index