Setahun, 125 Kasus Gigitan Anjing

Setahun, 125 Kasus Gigitan Anjing
BENGKALIS - Sepanjang tahun 2013, kasus gigitan anjing gila di Kabupaten Bengkalis dinilai sangat tinggi. Pasalnya, Dinas Kesehatan (Diskes) Bengkalis mencatat ada sebanyak 125 kasus gigitan anjing gila yang ditangani pihaknya.
 
Hal ini dibenarkan Kepala Diskes Bengkalis, Muhammad Syukri, Selasa (11/12). "Kasus warga digigit anjing gila memang cukup tinggi. Dalam tahun 2013, kita temukan sekitar 125 kasus. Rata-rata warga yang jadi korban gigitan anjing sangat resah. Apalagi anjing yang menggigit belum disuntik vaksin rabies," jelas Muhammad Syukri. 
 
Ia menyebut, angka tersebut didapat seluruh puskesmas dan rumah sakit yang ada di Bengkalis. "Kita sudah beberapa kali mengusahakan pencegahan terjadinya gigitan anjing gila kepada warga. Namun, belum bisa sepenuhnya dilakukan," sebutnya. 
 
Dikatakannya, beberapa faktor yang masih menjadi kendala adalah jarak antar satu wilayah di Bengkalis yang cukup jauh dan memakan waktu. "Misalnya, kasus anjing gila di Pulau Rupat beberapa bulan lalu. Korban terpaksa dibawa ke Bengkalis, karena disana tak ada vaksin. Itulah kesulitannya," tambahnya. 
 
"Dari tiap kasus anjing gila yang kita data, rata-rata langsung diberi suntik vaksin rabies. Namun itu tadi, beberapa yang lokasinya jauh tak bisa langsung diberikan vaksin, karena vaksin hanya ada di Bengkalis," tambahnya.  dilansir metro riau. (rep10)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index