ARB : KPU Lebih pas Mengawasi Rekening Parpol dan Para Caleg

ARB : KPU Lebih pas Mengawasi Rekening Parpol dan Para Caleg

JAKARTA-Ketua Umum DPP Partai Golkar, Aburizal Bakrie, mempertanyakan urgensi langkah Komisi Pemilihan Umum dan Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan yang ingin menelisik rekening pengurus partai politik. Meski demikian, ARB, sapaan Aburizal, menyatakan tidak masalah jika KPU meminta rekening pengurus Parpol.

"Urgensinya apa? Tapi kalau diminta pun tidak masalah," kata ARB menjawab pertanyaan wartawan, seusai berbicara di acara Forum Pemred, di Jakarta seperti dilansir Vivanews.com.

Seperti diketahui KPU menggandeng PPATK membuka rekening ketua umum dan bendahara umum partai politik. Kerja sama KPU dengan PPATK ini bermaksud menerapkan azas akuntabilitas sesuai UU No 8 Tahun 2012 tentang Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

ARB mengatakan, langkah ini lebih pas mengawasi rekening parpol dan para caleg. Ini lebih urgen dilakukan jika dihubungkan dengan Pemilu.

Apalagi selama ini semua caleg juga sudah diminta melaporkan rekeningnya. "Semua caleg kan diminta melakukan itu," ujarnya.

Meski demikian, ARB menyatakan Partai Golkar tidak kebertan apalagi jika tujuannya transparansi. Tentunya harus sesuai dengan aturan yang berlaku. (Rep06)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index