Obat diabetes bisa turunkan risiko kanker pada wanita

Obat diabetes bisa turunkan risiko kanker pada wanita
Penelitian terbaru mengungkap bahwa beberapa jenis obat diabetes bisa menurunkan risiko kanker pada wanita hingga 30 persen. Hal ini berlaku pada wanita yang menjadi pasien diabetes tipe-2.
 
Hasil ini didapatkan setelah peneliti menganalisis data lebih dari 26.000 wanita dan pria dengan diabetes tipe-2. Peneliti membandingkan efek obat diabetes terhadap risiko kanker pada pria dan wanita, seperti dilansir MSN Health (06/12).
 
Beberapa obat diabetes yang bisa menurunkan risiko kanker termasuk insulin sensitizers, salah satu obat yang bisa menurunkan gula dalam darah, tingkat insulin, dan meningkatkan otot, lemak, serta respon lever pada insulin. Obat lainnya adalah insulin secretagogues yang bisa menurunkan tingkat gula dalam darah dan merangsang pankreas untuk membuat lebih banyak insulin.
 
Penggunaan obat diabetes pada wanita berkaitan dengan penurunan risiko kanker hingga 21 persen. Sementara penggunaan obat yang disebut thiazolidinedione diketahui bisa menurunkan risiko kanker hingga 32 persen. Namun hal yang sama tidak menunjukkan adanya kaitan pada pria.
 
Meski begitu, peneliti menekankan bahwa mereka belum menemukan adanya hubungan sebab akibat antara obat diabetes dengan penurunan risiko kanker pada wanita. Meski begitu, hasil ini bisa memberikan manfaat dalam penelitian selanjutnya mengenai pasien diabetes yang juga berisiko terkena kanker. dilansir merdeka.com. (rep10)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index