BI: Cadangan Devisa USD97 Miliar, Masih Stabil

BI: Cadangan Devisa USD97 Miliar, Masih Stabil
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memastikan jumlah cadangan devisa Indonesia pada akhir November 2013 sebesar USD97,0 miliar. Angka tersebut masih stabil dari posisi yang tercatat pada akhir Oktober 2013.
 
"Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan 5,5 bulan impor atau setara dengan 5,3 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri Pemerintah," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Difi A. Johansyah seperti dilansir situs resmi Setkab, Sabtu (7/12/2013).
 
seperti diketahui, posisi cadangan devisa Oktober 2013, posisi cadangan devisa Indonesia adalah USD97 miliar atau naik USD1,3 miliar dibandingkan dengan posisi cadangan devisa pada akhir September 2013 sebesar USD95,7 miliar.
 
Menurut Difi, Bank Indonesia menilai jumlah cadangan devisa tersebut cukup aman untuk mendukung ketahanan sektor eksternal dan berada di atas standar kecukupan internasional.
 
"Stabilnya jumlah cadangan devisa tersebut tidak terlepas dari respon kebijakan Bank Indonesia untuk menurunkan defisit transaksi berjalan ke tingkat yang lebih sehat dan menjaga stabilitas nilai rupiah sesuai dengan kondisi fundamentalnya," ujar Difi. seperti dilansir okezone.com. (rep10)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index