Riau

DKI Gelar Senandung Indragiri Hulu Festival

RENGAT - Dewan Kesenian Indragiri Hulu (DKI) menggelar Senandung Indragiri Hulu Festival. Kegiatan yang menyajikan berbagai lomba serta pagelaran seni budaya masyarakat digelar tanggal 17 hingga 21 Desember 2013 mendatang.
 
"Iven tersebut akan digelar di tiga lokasi yakni Lapangan Hijau Rengat, Gedung DKI dan Pendopo Taman Junjungan Buih," ujar Ketua Harian DKI, Mailiswin pada wartawan, kemarin.
Menurut Mailiswin, Senandung Indragiri Hulu Festival merupakan program kerja DKI yang direncanakan menjadi agenda rutin tahunan. Dalam kegiatan itu akan diadalan lomba seni budaya seperti busana Melayu, pop singers, festival musik akustik, lomba seni rupa, vocal grup, cipta sastra, lomba puisi dan lomba tari kreasi.
 
Selain itu, Senandung Indragiri Hulu Festival juga akan diisi dengan pagelaran seni budaya seperti tater, musik moderen, musik rebana, gebana berzanji, dabus, ranggung, lukah gila, qasidah, barongsai, ragam kesenian Jawa dan atraksi permainan rakyat. "Juga akan digelar bazar serta pameran budaya dari berbagai sangkar atau paguyuban kesenian di Inhu," ucap Mailiswin.
 
Dijelaskan Mailiswin, untuk lomba seni budaya akan melibatkan pelajar SD, SMP, SMA dan mahasiswa di Kabupaten Inhu. Selain itu juga akan diundang utusan masing-masing kecamatan serta berbagai sanggar di Inhu. 
 
"DKI juga sudah mengundang kepala sekolah dan guru untuk meminta masukan dan saran atas kegiatan ini. Pertemuan itu juga dihadiri langsung Bupati Inhu, H Yopi Arianto dan pembina, H Agus Rianto," jelas Mailiswin.
 
Mailiswin berharap, Senandung Indragiri Hulu Festival mampu memotivasi para seniman di Inhu untuk terus berkarya. Selain itu, kegiatan ini diharapkan menjadi salah satu upaya membangkitkan dan terus melestarikan berbagai seni dan budaya masyarakat. (cr01/mtr)

[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]