PT Bumi Laksamana Jaya Rencanakan Pembentukan BUP

 PT Bumi Laksamana Jaya Rencanakan Pembentukan BUP
BENGKALIS – Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), PT Bumi Laksamana Jaya (BLJ) sedang melakukan kajian terkait rencana pembentukan Badan Usaha Pelabuhan (BUP). Dari hasil kajian ini nantinya baru akan diputuskan bagaimana sistem pengelolaan pelabuhan, apakah melalui kerja sama operasional (KSO) dengan pihak ketiga atau tidak.
 
“Kita sudah melakukan komunikasi yang cukup intens dengan Dinas Perhubungan (Dishubkominfo) terkait BUP ini. Kajian sedang kita lakukan, dan untuk kebutuhan ini sejumlah data terus kita kumpulkan, karena walau bagaimanapun kita harus menghitung untung rugi dari pengelolaan pelabuhan ini,” ujar Manager Humas & CSR PT BLJ, Haspian Tehe kepada wartawan, Senin (2/12).
 
Dikatakan, berkemungkinan besar kalau memang berdasarkan hasil kajian nantinya BUP menguntungkan, maka BLJ akan membentuk sebuah anak perusahan. Pertimbangannya sambung Haspiah, BUP butuh sumberdaya yang cukup besar baik modal maupun SDM untuk mengelola pelabuhan yang ada di Bengkalis. “Tidak mungkin hanya bisa ditangani oleh sebuah divisi, karena divisi ini khusus mengelola usaha yang sifatnya kecil,” kata Haspian seraya mengatakan, keputusan untuk membentuk sebuah anak perusahaan akan dilakukan dalam RUPS.
 
Terkait dengan target Bupati Bengkalis bahwa BUP sudah ada paling lambat dalam dua bulan kedepan, Haspian mengatakan pihaknya tidak bisa menjanjikan. Yang pasti untuk membentuk BUP, BLJ  akan mengikuti prosedur yang ada. “Anak perusahaan yang dibentuk sebagai BUP tidak bisa langsung beroperasi karena harus ada izin dari pusat. Nah, tahapan-tahapan ini tidak bisa kita prediksi kapan selesainya,” kata Haspian lagi.(rep05/mtr)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index