Mobil Maut Paul Walker Seharga Rp5 Miliar

 Mobil Maut Paul Walker Seharga Rp5 Miliar
Jakarta - Paul Walker meninggal dunia akibat kecelakaan yang terjadi pada Minggu, 1 Desember 2013. Saat itu aktor tersebut menumpangi mobil mewah Porche Carrera GT yang dikemudikan oleh temannya, yang juga tewas dalam kecelakaan ini. Jeremy Clarkson, jurnalis dari acara otomotif Top Gear, mengakui bahwa mobil ini memang cukup "liar" untuk dikendalikan.
 
Pada acara Top Gear Agustus 2008 lalu, Clarkson pernah menjelaskan bahwa mobil ini adalah yang paling cepat keluaran Porche. "Ini adalah yang menarik, dengan fisik yang menawan, harga yang mahal, dan mobil tercepat buatan Porche yang pernah ada," kata Clakrson.
 
Porche Carrera GT ini menggunakan mesin v10 dengan dan enam gir kecepatan secara manual. Awalnya, mesin ini diciptakan untuk mobil balap Porche seri 718 RS Spyder tahun 1960-an. Namun, perusahaan mobil mewah asal Jerman ini membenamkan teknologi itu pada mobil yang diluncurkan tahun 2007 itu.
 
Bentuknya, bodi yang "menempel di jalan" membuat mobil bisa tetap stabil meski dalam kecepatan tinggi dan tikungan tajam. Bagian belakang akan melebar saat mobil dalam kecepatan 120 kilometer per jam untuk menstabilkan downforce belakang.
 
bodinya terbuat dari serat karbon dan kapasitas tangki 90 liter. Dengan kapasitas tersebut, mobil ini mampu menghasilkan 558 bph (boiler horsepower) yang bisa mencapai kecepatan hingga 96 kilometer per jam dalam waktu 3.9 detik. Bahkan, kecepatan maksimalnya bisa mencapai 330 kilometer per jam dalam waktu di bawah 10 detik.
 
Clakrson kembali menjelaskan, mobil ini bukanlah yang mudah untuk dikendarai sembarang orang. Penggunanya harus benar-benar berhati-hati dalam mengendalikan mobil seharga Rp 5 miliar ini.
 
"Anda harus benar-benar menjaga kecepatan mobil ini. Porche Carrera tidak mudah untuk dikendalikan. Kopling adalah hal yang tersulit. Mengendalikan mobil ini sama seperti nyawa Anda sudah di ujung pisau. Salah sedikit saja, akan sangat berbahaya," kata Clakrson. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index