Obama Sidak Imigran yang Mogok Makan

Obama Sidak Imigran yang Mogok Makan
WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat Barack Obama pada Jumat menjenguk para pemogok makan yang menuntut perbaikan peraturan imigrasi, yang berkemah di National Mall dekat pusat Ibu kota di Washington.
 
Obama ditemani istrinya Michelle berhenti di pelataran berumput yang berjarak beberapa ratus meter dari Gedung Putih, dalam perjalanan yang tidak tercantum dalam agenda harian resmi. "Presiden dan Ibu Negara melakukan kunjungan pribadi sebagai bagian 'puasa untuk keluarga' di National Mall dan menawarkan bantuan mereka bagi orang-orang yang berpuasa terkait reformasi imigrasi," kata seorang petugas Gedung Putih yang meminta tidak disebut namanya.
 
Para wartawan yang mengikuti mereka diminta berada dalam jarak tertentu. Sejak 12 November, para pegiat hak-hak imigran yang mendirikan tenda dalam jarak selemparan batu dari Gedung Putih, melakukan aksi mogok makan dan mendesak DPR AS untuk melakukan pemungutan suara mengenai reformasi keimigrasian yang sudah disetujui oleh Senat.
Reformasi itu yang menjadi salah satu janji kampanye yang memenangkan Obama sebagai presiden pada 2008-2012, diadopsi oleh Senat yang didominasi oleh sekutu Obama dari Demokratik pada 27 Juni.
 
Menurut rencana Senat yang juga disetujui dan didukung oleh pihak Republikan, AS akan memberikan kewarganegaraan bagi 11 juta orang pendatang yang tinggal di negara tersebut dengan syarat ketat serta minimal telah tinggal selama 13 tahun.
 
Reformasi juga akan memperkuat perbatasan dengan Meksiko dan menata ulang sistem pemberian visa berdasarkan bidang-bidang pekerjaan dengan permintaan yang tinggi termasuk untuk insinyur dan pekerja pertanian. (rep10)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index