4 Desember KPU Secara Resmi Umumkan Gubernur Riau

4 Desember KPU Secara Resmi Umumkan Gubernur Riau
Tengku Edy Sabli
PEKANBARU - KPU Riau akan mengumumkan pemenang Pilgubri pada 4 Desember mendatang. Hasil perhitungan cepat atau quick count memenangkan pasangan nomor urut 2, Annas-Arsyajuliandi Rahman di Pemilihan Gubernur Riau (Pigubri) putaran kedua.
 
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau, Tengku Edy Sabli mengatakan, memang masyarakat sudah bisa memantau hasil perhitungan pemungutan suara Pilgubri melalui quick count, tetapi hal itu belum lah pehitungan final.
 
"Metode perhitungan quick count itu kan hanya mengambil sample dibeberapa TPS saja, sementara kita (KPU) tidak demikian. Kita dalam menetapkan pemenang itu melalui beberapa proses dan memakai data rill. Dihitung semua dimasing-masing tingkatannya, mulai dari PPS,PPK dan baru 4 Desember nanti bisa kita umumkan siapa pemenang Pilgubri,"ujarnya.
 
Karena itu kata Edy, pihaknya tidak akan terpengaruh dengan hasil perhitungan cepat Indo Barometer tersebut. "Silahkan saja melakukan perhitungan cepat, yang jelas KPU punya cara tersendiri dan itu ada proses yang dilalui," tandasnya.
 
Kendati demikian, Edy mengakui selama ini hasil hitung cepat ini tidak terlalu jauh berbeda dengan hitungan manual yang dilakukan KPU. "Tetapi sebaiknya tunnggu saja pleno penetapan oleh KPU, karena kita tidak berpedoman kepada quick count itu," tukasnya. Serperti dilansir riaugreen.com. (rep10)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index