Sisi Lain Quick Count Pilgubri Putaran II

Relawan AIPI Bekerja Sukarela

Relawan AIPI Bekerja Sukarela
PEKANBARU - Mahasiswa yang diturunkan ke kacamatan dan kabupaten se-Riau yang tergabung dalam Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) untuk melakukan hitung cepat (quick count) Pemilhan Gubernur Riau (Pilgubri) Putaran II merupakan relawan. Mereka mempunyai semangat tanpa pamrih dan turun tidak dibiayai.
 
Hal itu Ketua AIPI Hasannudin, di kantor AIPI, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Riau, Rabu (27/11). ''Kami hanya memberi uang ongkos dan uang pulsa,'' kata mantan Dekan FISIP UR ini.
 
Dia menambahkan, relawan yang turun merupakan mahasiwa yang memiliki semangat yang tinggi. "Para mahasiswa yang turun hanya bermodalkan semangat," katanya.
 
Dosen Ilmu Pemerintan (IP) tersebut juga mengakui bahwa lambatnya perhitungan ini karena ada masalah teknis, dimana, kamputer yang seharusnya menjadi tumpuk tindih terlaksananya kegiatan ini menjadi masalah berat.
 
Quick Count yang dilaksanakan AIPI sepertinya kurang berjalan dengan sempurna. Pasalnya, komputer yang digunakan untuk meng input data diserang virus. "Komputer kita mendapat gangguan, ada virus," kata Hasanuddin.
 
Sehingga, kata Hasanuddin, data yang seharusnya diterima pangkalan sudah mencapai 70 hingga 80 persen. Kenyataannya, jam 15.00 Wib AIPI Riau baru memperoleh data sekitar 50 persen. "Tim akan mencoba untuk memperbaikinya," jelas Hasanuddin kepada goriau.
 
Bagi Hasanuddin, Quick Count yang diadakan saat ini merupakan kesadaran untuk menjawab keresahan masyarakat dalam Pilgubri putaran pertama. Ia menegaskan, tidak ada titipan dari salah satu calon. Ia pun memastikan keakuratan dari survei ini mencapai 99 persen. "Margin error hanya 1 persen saja," tegasnya. (rep10)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index