Rutan IIB tak Ada TPS, Rusli Zainal Tidak Ikut Nyoblos

Rutan IIB tak Ada TPS, Rusli Zainal Tidak Ikut Nyoblos
Pekanbaru-Mantan Gubernur Riau Rusli Zainal kehilangan hak pilihnya. Ini dikarenakan Rumah Tahanan (rutan) Kelas IIB tidak ada tempat pemungutan suara (TPS) khusus pada Pilgubri Putaran II ini.
 
"Pak Rusli Zainal dan semua tahanan di rutan tidak ada yang memilih karena memang tidak ada TPS khusus," kata Kepala Rutan Kelas IIB Pekanbaru Sugeng Hardono di Pekanbaru, Rabu (27/11/2013).
 
Ia mengatakan ada 588 tahanan, termasuk Rusli Zainal yang menjadi penghuni rutan tersebut yang kehilangan hak pilih. Bahkan, ia mengatakan tahanan lainnya juga sudah kehilangan hak pilih pada pemungutan suara putaran pertama pada 4 September.
 
Sugeng beralasan, pihaknya tidak berwenang untuk mengeluarkan para tahanan untuk menyoblos di TPS terdekat. Sedangkan, para petugas rutan tetap bisa memilih karena ada sistem tugas pergantian waktu.
 
Jumlah pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilgub Riau 2013 mencapai 4.000.459 orang, dan jumlah TPS 11.669. Pada putaran pertama, partisipasi pemilih mencapai sekitar 60%.
 
Dua calon gubernur yang bersaing pada putaran dua adalah pasangan Herman Abdullah-Agus Widayat dan Annas Maamun-Arsyadjuliandi Rahman. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index