Awas, Salah Menyisir Bisa Bikin Rambut Bermasalah

 Awas, Salah Menyisir Bisa Bikin Rambut Bermasalah
Jakarta-Setiap kali rambut mengalami masalah, misalnya ketombe, gatal, rontok atau sulit diatur, Anda pasti menuduh sampo yang kurang cocok sebagai biang keroknya. Padahal, bisa jadi masalah ini disebabkan oleh cara menyisir yang salah. Hati-hati, salah menyisir rambut bisa membuat rambut Anda jadi makin bermasalah.
 
1. Menyisir dari akar ke ujung
Secara alami, Anda pasti melakukan hal ini setiap harinya. Menyisir dari bagian paling atas kepala (akar rambut yang menyentuh kulit kepala) dan ditarik sampai bagian ujung rambut.
 
Seharusnya Anda tak perlu menyisirnya dari akar dan ditarik sampai ujung, karena ini akan menyebabkan folikel rambut rusak. Mulailah menyisir dari bawah ke atas. Sisir rambut beberapa cm dari bagian ujung rambut, kemudian lepas sisir. Kemudian uraikan bagian yang kusut  dan sisir perlahan, lepaskan lagi. Naik lagi beberapa cm ke rambut atas, kemudian sisir lagi ke atas sampai bagian akarnya. Ini dilakukan untuk menghindarkan rambut terlalu tertarik, kusut dan patah.
 
2. Menyisir saat basah
Serat rambut bisa terisi dengan uap air dan menyebabkan rambut jadi menegang. Akibatnya rambut jadi lebih lemah dan mudah patah. Menyisir saat rambut masih basah hanya akan memperparah kondisi kerontokan dan kerusakannya. Karenanya biarkan rambut kering sebelum disisir.
 
3. Menyisir dengan sisir besar (paddle brush)
Paddle brush atau sisir dengan bentuk yang kotak besar dan gigi besar ternyata memberi tekanan yang terlalu keras dan besar untuk rambut, akibatnya rambut jadi mudah rontok.
 
4. Terlalu banyak menyisir
Mungkin saja, Anda beranggapan bahwa jumlah sisiran yang banyak akan membuat rambut jadi lebih halus dan mudah diatur. Salah! menyisir rambut terlalu sering dan lama justru akan membuat kerusakan jadi lebih parah dan banyak. Sebaiknya fokuslah pada kualitas menyisir dan jumlah sisirannya.
 
5. Sisir kotor
Sama seperti kuas make up, sisir juga harus sering-sering dicuci. Minimal cucilah sisir seminggu sekali. Dengan mencucinya paling tidak residu produk rambut sebelumnya tak akan kembali menempel di rambut. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index