Pembangunan smelter jadikan Indonesia negara industri maju ke-5

Pembangunan smelter jadikan Indonesia negara industri maju ke-5
net
Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai program hilirisasi di sektor mineral dapat membawa Indonesia menuju 5 negara industri maju di dunia. Melihat kondisi ini maka program hilirisasi haruslah memiliki komitmen bersama dalam Indonesia incorporated, antara lain pemerintah, Kadin dan DPR.
 
Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pemberdayaan Daerah, Natsir Mansyur mengatakan, arti penting membangun industri pengolahan dan pemurnian (smelter) tidak lain adalah untuk kepentingan Indonesia sebagai negara industri. Selama ini struktur industri nasional kurang sehat, di mana impor bahan baku besar, ketergantungan kepada negara lain besar, pengaruh ke sektor moneter besar, pengaruh kepada APBN juga menjadi besar.
 
"Kita berharap saat Indonesia bangkit sebagai negara industri besar di dunia nantinya, Indonesia punya cadangan minerba dan industri pengolahan yang menunjang," kata Natsir dalam keterangan tertulis yang diterima merdeka.com di Jakarta, Minggu (24/11).
 
Pembangunan smelter oleh pengusaha, kata dia, merupakan wujud kongkrit pengusaha untuk membangun Indonesia sebagai negara industri. "Kita bisa fokus pada smelter tembaga, emas, aluminium, nikel, besi, jika perlu smelter uranium," ungkap Natsir.
 
Dia menjelaskan, membangun smelter butuh waktu 5 tahun untuk proses perencanaan sampai produksi awal, oleh karena itu masih ada waktu membenahi regulasi dan UU yang mendukung program hilirisasi. "Ini untuk kepentingan bangsa yang efek kebawahnya juga akan dinikmati oleh bangsa Indonesia, Kadin berharap pembangunan smelter ini perlu dipercepat," pungkas Natsir. seperti dilansir merdeka.com. (rep10)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index