Sosialita

Ini Dia Cerita Unik Pohon Jodoh di Kebun Raya Bogor

Bogor - Kebun Raya Bogor menyimpan banyak cerita unik yang hingga kini masih dipercayai oleh sebagian masyarakat. Cerita yang paling kesohor tentu jembatan (putus) cinta. Konon siapapun yang pacaran di Kebun raya, akan kandas hubungannya.
 
Namun selain putus cinta, ada juga cerita soal pohon jodoh. Siapa pun yang berkenalan dengan pasangan lawan jenis di Kebun Raya, dipercaya hubungan mereka akan sampai ke jenjang pernikahan. Hal ini karena adanya pohon jodoh di kebun botani terluas itu. Benarkah?
 
Mitos ini bersumber dari dua pohon yang hampir mirip yang berada tak jauh dari jembatan gantung. Sekilas pohon ini seperti pohon kembar, padahal kedua pohon yang tingginya belasan meter itu berasal dari jenis yang berbeda.
 
Pohon tersebut memiliki batang yang sangat besar. Di tengah-tengah pohon ini dibuat kursi panjang dari beton sebagai tempat duduk pengunjung.
 
"Pohon yang kini yang hitam ini pohon kenari di sebelahnya pohon beringin putih, tetapi kalau orang tidak tahu dikira pohon yang sama," ujar Wawan, seorang pemandu di Kebun Raya Bogor, Sabtu (23/11).
 
Pohon ini disebut pohon jodoh. Cerita dari mulut ke mulut, kedua pohon itu layaknya sepasang kekasih. Pohon kenari yang berwarna hitam adalah si laki-laki dan pohon beringin putih yang kuning adalah perempuannya.
 
"Entah bagaimana awalnya, konon banyak yang bilang di tempat ini kedua pohon ini bertemu dan berjodoh. Makanya sering di sebut pohon jodoh. Nah katanya juga kalau kenalan dengan pasangan lawan jenis di sini bisa langgeng, tetapi itu kepercayaan masing-masing belum ada pembuktian ilmiahnya," ujarnya.
 
Mitos pohon jodoh ini rupanya banyak mengundang penasaran orang. Bahkan tidak sedikit yang ingin mencari jodoh di Kebun Raya. 
 
"Kalau orang luar kota ke sini pasti yang ditanyain mana lokasi jembatan merah sama pohon jodoh. Mereka banyak yang pengen tahu," ujar Boim, petugas kebersihan di Kebun Raya Bogor.
 
Banyaknya cerita mitos tidak dipungkiri membuat daya tarik tersendiri bagi Kebun Raya Bogor. Tak heran banyak pengunjung yang sengaja datang untuk melihat pohon jodoh dan jembatan putus cinta di jantung kota Bogor ini.
 
Mitos pohon jodoh ini juga sering dikait-kaitkan dengan makam keramat Ratu Galuh. Hal ini lantaran lokasi pohon jodoh ini tak jauh dari komplek makam istri kedua Prabu Siliwangi itu.
 
"Jadi selain bisa memutuskan orang pacaran, Kebun Raya juga tempat mencari jodoh. Begitulah kira-kira kata orang dulu. Hahahahha," ujar Boim. (rep05)

[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]