Tanwir II Pemuda Muhammadiyah

Hatta: Harus Jadi Pelopor Perubahan

 Hatta: Harus Jadi Pelopor Perubahan
Pekanbaru - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Dr (HC) Ir H Hatta Rajasa, tampil sebagai keynote Speech dalam pembukaan Tanwir (Rapat Kerja Nasional) II Pemuda Muhammadiyah, Jumat (22/11), di Hotel Aryaduta. Menurut Hatta, pemuda harus menjadi pelopor perubahan ke arah yang lebih baik.
 
"Selain pelopor perubahan, pemuda harus mampu menciptakan dan penangkap peluang yang ada saat ini. Mereka harus mampu membawa transformasi untuk kepemimpinan bangsa ke depan yang lebih berkarakter," ungkap Hatta, dihadapan ribuan peserta tanwir se-Indonesia.
 
Saat ini, terang Hatta, tugas pemuda tak lagi merebut kemerdekaan, namun bagaimana mereka dapat mengisi kemerdekaan itu. "Untuk mengisi kemerdekaan, harus dimulai dalam diri kita dahulu. Di sini, kita harus bisa membebaskan diri dalam hal-hal kecil, seperti bersikap jujur, toleransi dengan sesama, ikut aktif dalam kegiatan bermanfaat dan positif, serta lainnya," terang Menko Perekonomian ini.
 
Sebelumnya, Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah 2010 - 2014, Dr Saleh P Daulay MAg MA, resmi membuka Tanwir II Pemuda Muhammadiyah ini. Kegiatan yang digelar selama tiga hari, tepatnya Jumat-Minggu (22-24/11) ini, juga melakukan penetapan panitia pemilihan pimpinan pusat pemuda muhammadiyah periode 2014-2018 mendatang.
 
"Saat ini, ada tiga program Pemuda Muhammadiyah yang kami laksanakan, yakni konsolidasi, kadernisasi dan transformasi. Dari berbagai persoalan yang ada, tiga hal yang menjadi perhatian Pemuda Muhammadiyah, meliputi minimnya akses sumber-sumber ekonomi, masih kuatkan status quo dan pentingnya akses pendidikan," jelasnya.
 
Dalam rangkaian pembukaan, hadir juga Gubernur Riau diwakili Asisten II Setdaprov Riau, Emrizal Pakis. Dalam sambutannya, Emrizal memberikan apresiasinya kepada terlaksananya kegiatan ini di Provinsi Riau. 
 
"Atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, saya memberi apreasi terhadap terlaksananya Tanwir II Pemuda Muhammadiyah di Riau. Kami harapkan lewat kegiatan ini dapat melahirkan ide-ide atau program baru yang nantinya dapat diselaraskan dengan program pemerintah," sebutnya. 
 
Sementara itu, Ketua Panitia, Muhammad Aziz ST MSc, mengatakan bahwa kegiatan ini mengangkat tema 'Transformasi Kader untuk Kepemimpinan Bangsa yang Berkarakter'. "Tanwir II Pemuda Muhammadiyah ini dihadiri perwakilan pengurus Pemuda Muhammadiyah se-Indonesia," ucapnya. seperti dilansir metro riau. (rep10)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index