Dialihkan ke Kesbangpolimas

KPU tak Sosialisasi Pilgub Putaran ke-2

KPU tak Sosialisasi Pilgub Putaran ke-2
SIAK  - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Siak, H Agus Salim mengaku tidak akan melakukan sosialisasi Pemilihan Gubernur Putaran ke-2. Karena, pihaknya tak memiliki dana untuk mengumpulkan massa.
 
"Kami tidak memiliki anggaran untuk mensosialisasikan kegiatan Pilgub ke-2 karena dialihkan ke Kesbangpollinmas," ujar Agus Salim kepada Metro Riau, Rabu (20/11).
 
Menurutnya, dengan dipindahkannya anggaran tersebut ke Kesbangpollinmas, maka tanggungjawab sosialisasi secara teknis merupakan pihak Kebangpolinmas "Seharusnya kami sebagai penyelenggara Pemilu yang melakukan seluruh rangkaian kegiatan termasuk sosialisasi, sehingga bisa mudah dievaluasi," ujarnya.
 
Sementara, Kepala Kesbangpollinmas, Yurnalis, Rabu (20/11) membenarkan bahwa pihaknya mendapatkan kepercayaan melakukan sosialisasi Pemilu, baik pemilihan Gubernur dan pemilihan Legislatif 2014 mendatang.
 
"Untuk sosialisasi pemilihan Gubernur Riau, telah kami lakukan bersama dengan Kesbangpollinmas Provinsi pada bulan Juni kemarin di Hotel Gren Mempura, di putaran ke dua ini tidak ada lagi program sosialisasi," ujar Yurnalis.
 
Lebih lanjut Yurnalis menjelaskan, bahwa sosialisasi Pemilihan Gubernur sebenarnya merupakan program provinsi. Namun demikian perlu diketahui bahwa mensukseskan pesta demokrasi merupakan tanggungjawab bersama. Dari upaya sosialisasi yang dilakukan beberapa bulan yang lalu, pihaknya menargetkan tingkat partisipasi pemilih 70 persen, jika dilihat hasil pemilihan putaran pertama belum mencapai target, karena baru mendekat 60 persen. Untuk itu, dirinya mengajak pada seluruh elemen masyarakat bekerja sama menginformasikan pada masyarakat luas terkait waktu pemilihan dan pentingnya mensukseskan pemilu
 
"Kami mengajak seluruh tokoh masyarakat mensosialisasikan pemilihan Gubernur putaran kedua nanti, karena ini merupakan agenda besar untuk mendudukkan pimpinan kita di Propinsi," ujarnya.
 
Dikatakannya, sosialisasi pemilihan Legislatif akan dilakukan pada Akhir Desember nanti di kecamatan. "Tiap kecamatan kami agendakan selama satu hari," tutup Yurnalis. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index