Seminar Jurnalistik PWI Siak Diikuti Ratusan Pelajar

Seminar Jurnalistik PWI Siak Diikuti Ratusan Pelajar
ilustrasi/net
PERAWANG - Ratusan pelajar dari beberapa kecamatan di Kabupaten Siak mengikuti seminar jurnalistik, Sabtu (16/11) di aula kantor lama Kecamatan Tualang, Perawang. Kegiatan ini diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Siak
 
Hadir pada kesempatan ini, Bupati Siak Drs H Syamsuar, MSi, Camat Tualang, Zulkifli SSos, Kapolsek Tualang Kompol Nurhadi Ismanto, Kabag Humas Siak, Zulfikri, Kepala UPTD Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Tualang,  Zahroni M Pd serta beberapa tokoh masyarakat Tualang. 
 
Narasumber yang dihadirkan masing-masing Sekretaris Umum PWI Propinsi Riau, Eka Putra, wartawan senior dari Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) Pekanbaru, Hasan Basril. Sedangkan  peserta merupakan pelajar tingkat SMA sederajat dari Kecamatan Kandis, Minas, Tualang dan Siak. 
 
Bupati Siak Syamsuar dalam pidatonya menyambut baik upaya yang dilakukan PWI Siak, apalagi kegiatan ini melibatkan pelajar sebagai peserta. Dengan demikian pelajar bisa mengetahui teknik-teknik penulisan berita dan mengetahui tugas dan tanggung jawab wartawan atau jurnalis. 
 
Bupati berharap, kegiatan ini mampu menggugah minat pelajar untuk menulis atau bahkan bisa menarik minat pelajar untuk menjadi wartawan atau berkarir di bidang jurnalistik. "Kami bangga atas kegiatan ini, apalagi pesertanya bukan hanya jurnalis saja, namun melibatkan anak sekolah dan masyarakat umum," ujar Bupati.
 
Sementara, Ketua PWI Siak Ali Masruri menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dunia jurnalistik pada pelajar. Sehingga pelajar memahami bagaiman aktifitas wartawan dalam mencari data, informasi dan mengemasnya untuk disampaikan pada masyarakat. "Wartawan itu tugas mulia, selain bertujuan untuk mempublikasikan suatu peristiwa, informasi juga berfungsi sebagai kontrol sosial," kata Ali.(rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index