Agar tak Suka Narsis, Koruptor Perlu Diborgol

 Agar tak Suka Narsis, Koruptor Perlu Diborgol
Jakarta - Muncul usulan agar setiap tersangka korupsi diborgol. KPK memiliki visi serupa agar para pelaku korupsi itu untuk mendapatkan efek jera.
 
"Saya rasa memang perlu. Selama ini kan tersangka korupsi keluar senyum-senyum, melambai tangan. Seperti tidak ada efek jera," ujar Jubir KPK Johan Budi, seperti dilansir detik Sabtu (9/11).
 
Menurut Johan, KPK selama ini sudah menerapkan kewajiban untuk memakai baju tahanan kepada para tersangka korupsi. Namun hal itu ternyata belum cukup untuk memberi hukuman sosial bagi tersangka korupsi ini. "Malah yang terjadi mereka senyam-senyum, bukannya malu," kata Johan.
 
Padahal menurut Johan, efek jera sangat penting agar memberi rasa takut kepada orang lain untuk tidak melakukan korupsi. "Karena kita sepakat bahwa korupsi ini kan kejahatan luar biasa. Kami menerapkan TPPU, borgol, dan seragam tahanan itu untuk memberi efek jera," kata Johan.
 
Penyidik KPK sudah beberapa kali melakukan pemborgolan terhadap tersangka dari operasi tangkap tangan. Namun prosedur tersebut tidak rutin dilakukan. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index