Pemilu 2014, rakyat pilih tokoh yang beda karakter dengan SBY

Pemilu 2014, rakyat pilih tokoh yang beda karakter dengan SBY
Pengamat politik Gun Gun Heryanto memprediksi capres yang sangat diidamkan rakyat pada Pemilu 2014. Dia menilai, rakyat akan memilih capres yang punya karakter kontradiktif dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
 
Gun Gun mengaku tak heran jika nama Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) selalu diurutan teratas di sejumlah lembaga riset dan survei jelang pemilu tahun depan. Menurut dia, rakyat akan mencari sosok berbeda dari karakter yang dimiliki oleh SBY.
 
"Saya enggak heran kenapa Jokowi dan JK dapat skor tinggi dalam riset LDB karena peta capres 2014 komunikasi politik orang akan mencari nilai keberbedaan dari siapa sosok sekarang jadi incumbent contoh pak SBY," ujar Gun Gun saat menghadiri peluncuran hasil analisis Lembaga Demokrasi Bertanggungjawab (LDB) di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (6/11).
 
Dia menjelaskan, SBY pintar dengan memberikan janji yang notabene hanya sebuah wacana. Karena itu, lanjut dia, rakyat justru nantinya akan mencari calon pemimpin yang lebih banyak melakukan kerja konkret ketimbang wacana.
 
"(SBY) Kekuatan membangun kesadaran berwacana tapi sangat minim kesadaran praktik, retorika Pak SBY bagus. Tapi dalam konteks operasionalisasi publik mengalami keberbedaan apa yang dipikirkan dengan dialami masyarakat," imbuhnya.
 
"Figur 2014 yang punya diferensial (dari SBY), ada sosok Jokowi dan JK, termasuk teratas dalam komunikasi politik. Membangun nilai keberbedaan apa yang ditawarkan pak SBY," tutur dia.
 
Gun Gun pun memberikan contoh ketika masyarakat lebih memilih calon pemimpin yang punya karakter berbeda dengan incumbent. Saat itu, Megawati Soekarnoputri yang tak mampu beretorika seperti SBY yang pada akhirnya terpilih menjadi presiden di 2004.
 
"2004 Kontektasi elektoral, Mega lemah di retorika di situ Pak SBY ada, ini disebut nilai diferensial, orang cari sosok keberbedaan dengan Pak SBY. Orang cari (tokoh) yang mengoperasionalisasikan sesuatu yang riil konkret ada di sana ada sosok Jokowi dan JK," terang dia.  dilansir  merdeka.com. (rep10)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index