Mayoritas Guru

648 Honorer K-2 akan Tes CPNS

 648 Honorer K-2 akan Tes CPNS
BENGKALIS – Sebanyak 648 tenaga honorer katagori 2 (K-2) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis akan mengikuti tes masuk CPNS, 3 November mendatang. Dari total 648 honorer tersebut, mayoritas, sekitar 70 persen berstatus guru.
 
“Memang mayoritas antara 60 – 70 persen berstatus guru. Sementara sisanya tenaga teknis lainnya sekitar 100 orang dan juga tenaga kesehatan ada 4 orang,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Bengkalis, melalui Sekretaris BKD, H Nor Alamsyah kepada wartawan, Minggu (27/10)
 
Dikatakan, jadwal pelaksanaan tes masuk CPNS bagi honorer  K-2 sama dengan jadwal formasi umum yaitu pada tanggal 3 November. Hanya saja karena pada tahun ini Kabupaten Bengkalis tidak mendapat jatah penerimaan CPNS untuk katagori umum, maka pelaksanaan tes masuk CPNS hanya untuk honorer K-2.
 
Saat ini, sambung pria yang akrab disapa Alam tersebut, panitia pelaksanaan tes masuk CPNS tengah mematangkan persiapan menjelang hari H. Berbeda dengan pelaksanaan tes masuk CPNS pada beberapa tahun lalu dimana panitia menyiapkan banyak lokas, untuk penerimaan tahun ini, dengan peserta yang tidak begitu banyak, panitia hanya menetapkan satu lokasi ujian, yaitu di SMPN 1 Bengkalis.
 
Alam mengingatkan kepada seluruh peserta tes untuk mengambil nomor peserta langsung ke kantor BKD Jalan Antara Bengkalis. Nomor peserta bisa mulai diambil dari tanggal 30 Oktober hingga tanggal 1 Nopember.  Seluruh peserta diharapkan dapat mengambil nomor peserta dengan membawa SK tahun 2011, 2012 dan 2013 yang asli dan satu fotokopi serta pasfoto ukuran 3x4.
 
Terkait dengan bahan ujian, Alam mengatakan baru akan dijemput ke Pekanbaru pada tanggal 2 Nopember mendatang. Materi soal tersebut bersifat nasional karena ujiannya pun serenta secara nasional. “Pada tanggal 2 Nopember mendatang soal baru akan dijemput ke Pekanbaru denga pengawalan ketat kepolisian, Satpol PP dan juga dari Inspektorat. Selanjutnya, begitu ujian selesai pada tanggal 3 November, langsung hari itu juga lembar jawaban akan dibawa ke Pekanbaru,” kata Alam lagi.
 
Rahasia
 
Saat ditanya jumlah PNS yang akan diterima dari honorer K-2, Alam secara diplomatis mengatakan tidak mengetahui hal itu karena menjadi rahasia Kementerian PAN (MenPAN). Panitia di daerah menurut Alam hanya sebagai penyelenggara ujian, mula dari menyiapkan tempat ujian hingga mengawasi. “Selebihnya soal berapa PNS yang bakal diterima, menjadi kewenangan dan rahasia MenPAN. Begitupun soal pemeriksaan soal-soal murni menjadi tugas pihak ketiga (konsorsium) di Jakarta,” ujarnya.
 
Berdasarkan informasi yang berkembang kata Alam, Bengkalis akan kebagian 30 persen. Hanya memang belum bisa dipastikan apakah 30 persen tersebut perhitungan dari keseluruhan jumlah peserta secara nasional atau 30 persen khusus dari peserta masing-masing daerah.
 
“Terus terang kalau 30 persen dari jumlah keseluruhan secara nasional kita sedikit pesimis, karena penilaian yang dilakukan berdasarkan rangking. Tapi kalau 30 persen dari peserta asal daerah masing-masing maka kita akan kebagian 100 orang lebih dari toal 648 peserta,” katanya. (rep10)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index