PLN Bisa Hemat Rp7 Miliar Sebulan

PLTMG Langgam Power Dilaunching

 PLTMG Langgam Power Dilaunching
ilustrasi
PELALAWAN - Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Langgam Power akhirnya diresmikan (dilaunching) oleh Kepala Badan Penerapan Pengkajian Tehnologi (BPPT) Pusat Dr Ir Marzan A. Iskandar mewakili Menteri Perekonomian RI Hatta Radjasa, Jumat (25/10).
 
Acara ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan dan pemencetan tombol sirene oleh Kepala BPPT didampingi Bupati Pelalawan HM Harris, Direktur PT. Langgam Power Lukman Situmorang, Kepala PLN Wilayah Riau Kepri Djoko Raharjo dan Manager Navigate Energy Otsman Al Bouksumy.
 
Direktur PT Langgam Power, Lukman Situmorang mengatakan pembangunan PLTMG ini awalnya hanya dari mimpi oleh Bupati Pelalawan HM Harris yang bertekad untuk mengatasi krisis listrik di daerahnya yang hanya tercukupi 21 persen. Pada April 2012, dilakukan kerjasama antara PT Navigate dengan PD BUMD Tuah Sekata hingga terbentuklah PT Langgam Power. "Bapak HM Harris paling berjasa atas pembangunan PLTMG ini dengan melakukan konversi gas menjadi listrik. Hingga kini PLTMG Langgam Power telah beroperasi dengan daya yang keluar se besar 15 MW dan akan menargetkan pertengahan tahun 2014 menjadi 50 MW," ujarnya. 
 
Kepala PLN Wilayah Riau Kepri Djoko Raharjo dalam sambutannya mengatakan bahwa kehadiran PLTMG Langgam Power merupakan terobosan yang luar biasa. Tidak hanya memenuhi pasokan listrik sendiri namun juga bisa memasok daerah tetangga.  "Tercatat kini PLTMG Langgam Power telah memenuhi kebutuhan listrik di 3 Kecamatan dan juga Kabupaten /kota seperti Pekanbaru, Inhu dan Siak. PLN sangat bersyukur dengan beroperasinya PLTMG Langgam Power dimana dengan membeli listrik melalui Langgam Power PLN bisa menghemat anggaran perbulannya hingga mencapai Rp7 miliar," ungkapnya. 
 
Bupati Pelalawan HM Harris dalam sambutannya, meceritakan pembangunan PLTMG Langgam Power merupakan tindak lanjut dari kesepakatan bulan April 2012 lalu dimana Kabupaten Pelalawan menjadi  Kawasan Ekonomi Industri Hilir  Terpadu Berbasis tekhnologi yakni Kawasan Teknopolitan.Oleh karena itu, untuk memenuhi program ini makanya didirikanlah PLTMG Langgam Power. "Sekarang baru 15 MW arus daya listrik yang keluar,untuk pertengahan 2014 akan ditingkatkan menjadi 50 MW dan target kedepan hingga 2021 hingga 200 MW. Kita yakin ini akan bisa memenuhi seluruh kebutuhan listrik di Pelalawan bahkan Kabipaten/Kota yang ada.Sehingga Pelalawan Terang benar-benar dapat terwujud seperti yang diinginkan," jelasnya. (rep10)

 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index