Menkeu Senang Gugatan Biodiesel Eropa Dicabut

Menkeu Senang Gugatan Biodiesel Eropa Dicabut
Jakarta - Menteri Keuangan Muhammad Chatib Basri menyambut positif pencabutan gugatan Eropa terhadap antisubsidi biodiesel.
 
Pasalnya pemerintah Indonesia tetap tidak terganggu dengan adanya pembuatan biodiesel yang berasal dari non fosil. Apalagi pembuatan bahan bakar non fosil dinilai sebagai upaya mengurangi impor minyak.
 
"Kalau dari segi ini, saya lihat fosil fuel akan bisa berpengaruh ke energi. Salah satu solusi ada pergeseran fosil fuel ke non fosil dan memungkinkan ada pergeseran ke sana," ujar Chatib di Banggar DPR, Rabu (23/10/2013). dilansir inilah.com.
 
Menurut Chatib jika negara mengalami defisit akibat tingginya impor Bahan Bakar Minyak, tentunya akan mencari jalan pembuatan energi alternatif. Untuk mendukung terciptanya energi alternatif perlu adanya pemberian insentif terhadap pelaku usaha biodiesel. "Satu negara fokus pengadaan BBM alternatif, itu harus ada insentif bisa disubsidi, kalau tidak harga BBM akan semakin mahal," kata Chatib.
 
Komisi Eropa memutuskan untuk tidak melanjutkan penyelidikan antisubsidi terhadap produk biodiesel asal Indonesia. Keputusan tersebut disampaikan melalui surat pada 14 Oktober 2013 didasarkan pada usulan dari petisioner, yaitu European Biodiesel Board. (rep10)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index