Perluasan Pelabuhan Roro Sungai Selari segera Dimulai

Perluasan Pelabuhan Roro Sungai Selari segera Dimulai
BENGKALIS – Dinas Perhubungan, Telekomunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Bengkalis segera memperluas pelabuhan roro di Sungai Selari, Kecamatan Bukitbatu. Bahkan, dalam waktu dekat proyek ini dilelang.
Hal ini ditegaskan Kepala Dishubkominfo Bengkalis, Jaafar Arif, Minggu (20/10).
 
Jaafar Arif menyebutkan, pasalnya, persoalan pengerjaan yang ada di Dishubkominfo bukanlah hal baru. Karena, sejak tahun 2011 lalu dirinya pernah menjabat Kepala Bidang Perhubungan Darat Dishubkominfo. Disebutnya, pekerjaan fisik perluasan pelabuhan roro Sungai Selari, dalam pekan ini akan segera direalisasikan.
 
“Untuk pelabuhan roro Sungai Selari, sudah selesai dilelang di Unit Layanan Pengadaan (ULP) Bengkalis. Dua atau tiga hari kedepan, kita akan panggil kontraktor yang ditetapkan sebagai pemenang, untuk kemudian diterbitkan surat perintah mulai kerja (SPMK) kalau mereka betul-betul serius ingin mengerjakan pelabuhan tersebut,” sebutnya. 
 
Dikatakannya, pembangunan fisik perluasan pelabuhan roro Sungai Selari jelas tidak akan tuntas dalam tahun 2013 ini. Pekerjaan tahap awal ditargetkannya minimal bisa mencapai 30 sampai 40 persen, baru kemudian dilanjutkan pada tahun 2014. Hal itu mengingat waktu pengerjaan yang tersedia kurang dari 2,5 bulan lagi pertahun anggaran yang berakhir 31 Desember.
 
Jaafar menambahkan, perluasan pelabuhan roro Air Putih di Kecamatan Bengkalis yang sudah direncanakan sejak tahun 2011 lalu, sampai sekarang masih belum dilaksanakan pelelangan. Ia mengungkapkan, untuk perluasan pelabuhan roro Air Putih dirinya akan berkoordinasi dengan ULP apakah mereka sanggup melaksanakan pelelangan dalam waktu 15 hari atau dua minggu. Kalau ULP sanggup, Dishubkominfo akan menyerahkan dokumen lelang.
 
“Soal pelabuhan Air Putih memang sudah dua tahun tertunda pelaksanaan pembangunan perluasannya. Tetapi kalau ULP mampu melaksanakan pelelangan, kita siap melaksanakan kegiatan fisiknya. Minimal untuk tahap awal ini, rekanan pemenang lelang nantinya bisa melakukan pematangan lahan terlebih dahulu,” katanya. 
 
Pada kesempatan itu, ia juga menambahkan bahwa rencana pembangunan pelabuhan roro dari Desa Ketam Putih, Bengkalis menuju pulau Padang, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti yang sempat diwacanakan beberapa waktu lalu akan direalisasikan. "Untuk tahap awal akan dimulai dengan membuat perencanaan. Kemudian pada pekerjaan fisik di lapangan bekerjasama dengan Pemkab Kepulauan Meranti," jelasnya. (rep10)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index