5 Manfaat khitan bagi kesehatan pria

5 Manfaat khitan bagi kesehatan pria
Khitan merupakan sebuah proses memotong sebagian kulit penutup depan dari organ intim pria. Terlepas dari ajaran agama dan kepercayaan tertentu, khitan sebenarnya memiliki beberapa manfaat kesehatan. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Mayo Clinic berikut ini.
 
Menjaga kebersihan
Khitan membuat pria lebih mudah membersihkan organ intimnya. Kebersihan organ intim tentu bisa melindungi pria dari berbagai penyakit menular yang mematikan.
 
Mencegah infeksi
Sebenarnya risiko serangan infeksi saluran kemih pada pria tidak begitu tinggi ketimbang wanita. Namun infeksi lebih mudah menyerang pria yang organ intimnya tidak dikhitan.
 
Mencegah penyakit
Pria yang sudah dikhitan memiliki risiko rendah untuk terkena penyakit menular seksual, salah satunya adalah HIV. Namun tetap saja, seks dengan pengaman tetap dianjurkan meski sudah berkhitan.
 
Mencegah inflamasi
Bagian ujung organ intim pria merupakan tempat tumbuhnya banyak bakteri. Jika tidak dikhitan, pria berisiko menderita inflamasi yang berujung pada berbagai masalah kesehatan.
 
Mencegah kanker
Terakhir dan tidak kalah penting, manfaat khitan bagi kesehatan pria adalah mencegah kanker. Bahkan pria yang berkhitan juga membantu pasangan menurunkan risiko kanker serviks.
 
Itulah manfaat khitan bagi kesehatan pria. Sebagai tambahan, khitan tidak memengaruhi kesuburan, maupun kepuasan seksual pria ketika bercinta.
 
Baca juga:
Konsumsi daging olahan bisa turunkan jumlah sperma
Pentingkah mencukur bulu kemaluan bagi pria?
Ternyata, menopause juga menyerang pria
Awas, remaja saat ini rentan terkena infertilitas!
Ingin cepat hamil? Jangan malas sarapan!

 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index