DKI siapkan Rp 46 M untuk bersihkan eceng gondok di kali Jakarta

DKI siapkan Rp 46 M untuk bersihkan eceng gondok di kali Jakarta
Pemprov DKI alokasikan anggaran sebesar Rp 46 miliar untuk membersihkan sungai di Jakarta agar terbebas dari sampah yang menyebabkan banjir. Termasuk membersihkan eceng gondok yang menutupi separuh sungai Kanal Banjir Timur (KBT) dari 23,5 kilometer.
 
"Kita lagi kebut pengerjaan pembersihan enceng gondok di sepanjang sungai Banjir Kanal Timur (BKT) yang berada di Kelurahan Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara," ujar Kepala Dinas Kebersihan Unu Nurdin di Jakarta.
 
Menurut Unu Nurdin, pembersihan eceng gondok di KBT sudah hampir rampung karena DKI mengerahkan dua kapal sampah untuk membersihkan tanaman gulma tersebut. "Ini kira-kira tinggal dua kilometer lagi yang masih harus dibersihkan," katanya.
 
Sementara itu, Kepala Unit Pengelola Kebersihan Pesisir dan Pantai Budi Karya Irwanto mengatakan, program pembersihan eceng gondok itu sudah dimulai sejak 1 Agustus lalu dan ditargetkan rampung pada Desember mendatang.
 
Pihaknya sudah menyiapkan anggaran Rp 46 miliar untuk operasional pembersihan sampah seluruh sungai di Jakarta. Selain itu, guna mempercepat proses pembersihan sungai, pihaknya akan menambah kapal untuk membersihkan sampah yang memakai bahan bakar bensin tersebut pada akhir tahun ini.
 
"Saat ini, kita baru memiliki lima kapal sampah yang dioperasikan di kali KBT, kali Sunter, dan Waduk Tomang," tegasnya. dilansir merdeka.com. (rep10)

 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index