Politikus Golkar sebut Perppu cara SBY mengebiri MK

Politikus Golkar sebut Perppu cara SBY mengebiri MK

Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berencana mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu), sebagai upaya penyelamatan Mahkamah Konstitusi (MK) karena ketua non aktif Akil Mochtar diduga terlibat praktik suap. Namun rencana ini mendapatkan penolakan dari sejumlah anggota DPR di Komisi III.

Anggota Komisi III DPR, Bambang Soesatyo merasa yakin akan terjadi penolakan yang besar jika SBY memaksakan untuk menerbitkan Perppu. Dia menilai, dalam penyelamatan MK, tak perlu sampai mengeluarkan Perppu.

"Kalau memaksakan Perppu, pasti 2.000 persen mendapatkan perlawanan dari DPR, presiden harus menghormati karena di MK ada pengawasan internal, ada Dewan Kehormatan. Itu yang harusnya di dorong, bukan dengan Perppu," kata Bambang di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (16/10).

Dia menilai, Perppu untuk MK dilakukan oleh SBY adalah sebagai bentuk membatasi kewenangan MK. Bambang bahkan mengkait-kaitan Perppu ini dengan dugaan keterlibatan Wapres Boediono dalam kasus bailout Bank Century.

"Dari sisi politik, upaya presiden upaya mengebiri dari pada MK. Kita tahu berbagai peristiwa (Century) mengarah kepada impeachment (Boediono)," ujarnya.dilansir merdeka.com.

Wabendum Partai Golkar ini juga menuding jika pengeluaran Perppu, juga sebagai modus SBY untuk memenangkan berbagai sengketa pemilu di MK. Dia menegaskan, Partai Golkar menolak dilakukan Perppu.

"Inikan modus SBY, ketika dia ingin meneruskan Century, dia kumpulkan lembaga tinggi negara, tapi hasilnya tetap pembobolan ini dilakukan. Mengumpulkan lagi dari pada keinginan presiden, lembaga tinggi negara diundang ini hanya sebagai tameng. Dan Golkar pasti menolak karena tidak ada yang urgensi," pungkasnya.

Seperti diketahui, tak lama setelah KPK menetapkan Ketua MK non aktif Akil Mochtar sebagai tersangka dalam kasus suap Pilkada Gunung Mas dan Lebak, SBY mengumpulkan sejumlah petinggi negara di Istana untuk membahas penyelamatan MK. Hasilnya, SBY berencana mengeluarkan Perppu sebagai upaya penyelamatan MK. (rep10)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index