Pantai Selat Baru Jadi Tujuan Wisata Favorit

Pantai Selat Baru Jadi Tujuan Wisata Favorit

BENGKALIS –  Pantai Selat Baru, Kecataman Bantan dikenal sebagai salah satu tujuan wisata favorit, baik di kalangan warga Bengkalis maupun luar Bengkalis. Sayangnya fasilitas umum seperti tempat mandi maupun berteduh masih minim. Warga menyarankan Pemkab agar fasilitas tersebut ditingkatkan.

“Setiap tahun kita lihat semakin banyak saja warga yang mengunjungi pantai Selat Baru. Kalau fasilitas umum tidak ditambah, akan membuat mereka kurang nyaman. Jadi saya kira penambahan fasilitas ini cukup mendesak,” ujar salah seorang warga, Dedi Arbain kepada wartawan, Selasa (15/10)

Dedi yang saat ditemui sedang berada di pantai Selat Baru mengaku dalam sebulan minimal satu kali dirinya berkunjung ke Pantai Selat Baru. Terutama pada hari-hari libur, seperti libur hari-hari besar, maka kesempatan untuk bersantai ke pantai itu jarang ia sia-siakan. Kalau pada hari-hari libur biasa, menurut pria yang aktif di sejumlah organisasi ini, fasilitas yang ada seperti gazebo mungkin masih memadai.

Namun, pada hari-hari libur apalagi kalau ada acara tertentu di pantai Selat Baru, maka bisa dipastikan warga akan kesulitan untuk mencari tempat bermalas-masalan. “Kemudian anak-anak atau siapapun yang habis bermain-main di pantai akan kesulitan untuk mandi, karena fasilitas untuk mandi sudah rusak,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan anggota DPRD Bengkalis asal Bantan, Sofyan. Menurut pria yang saat ini tercatat sebagai ketua Komisi IV tersebut, berbagai fasilitas untuk mendukung keberadaan pantai Selat Baru memang sudah selayaknya dibangun. Masyarakat yang menungjungi pantai Selatbaru menurut Sofyan bukan hanya sekedar ingin melihat view pantai, melainkan juga menikmati suasana pantai.

“Saya kira selain gazebo, tempat untuk mandi atau bilas, perlu juga dibuat taman agar keindahan pantai Selat Baru semakin terasa,” kata Sofyan lagi.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Bengkalis, H Eduar saat dikonfirmasi mengaku maklum dengan adanya saran tersebut. Diakui, saat ini beberapa sarana di pantai Selatbaru seperti gazebo masih minim. Termasuk juga tempat pemandian umum yang dulu sudah dibangun tapi sekarang sudah rusak dan kurang layak untuk dipergunakan.

Dikatakan, pada tahun 2013 ini, secara bertahap pihaknya akan melakukan perbaikan terhadap gazebo yang mengalami kerusakan dan juga melakukan penambahan gazebo baru. Sementara untuk pemandian umum sudah direncanakan akan dibangun pada tahun 2014 mendatang.

“Memang pantai Selatbaru itu akan kita benahi tapi tidak sekaligus melainkan secara bertahap. Tidak hanya penambahan gazebo, taman juga akan kita buat. Kemudian kafe-kafe akan kita bangun jauh di belakang pantai. Tidak seperti sekarang, kafe terlalu dekat dengan pantai sehingga warga kurang bebas menyaksikan view pantai Selatbaru,” ujar Eduar. dilansir metro riau. (rep10)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index