Obama Desak DPR AS Akhiri Shutdown Pemerintah

 Obama Desak DPR AS Akhiri Shutdown Pemerintah

New York - Presiden AS Barack Obama mendesak Partai Republik berupaya mengakhiri shutdown AS dan pembahasan kenaikan utang AS.

"Mati kita hentikan alasan dan mari kita mengambil suara di DPR," kata Obama di Gedung Putih Rabu (9/10/2013) dini hari tadi seperti mengutip marketwatch.com.

Obama telah berbicara dengan Ketua DPR AS, John Boehner dari politisi di Partai Republik. Obama menyarankan unutk melakukan pembahasan perpanjangan batas akhir kesepakatan kenaikan utang AS dan anggaran pemerintah.

Presiden AS itu menyayangkan kondisi terpaksa harus memengalami shutdown pemerintahan AS sejak 1 Oktober 2013 lalu. Hal ini berpotensi mengacaukan ekonomi dan meningkatkan kekhawatiran publik.

"Saya siap untuk mencoba. Saya bahkan siap untuk makan malam lagi. Tetapi saya tidak akan melakukan hal yang lebih ekstrim lagi seperti sikap Partai Republik yang memaksa untuk mengeluarkan ancaman tentang perekonomian kita," jelas Obama yang batal menghadiri KTT APEC 2013 di Bali untuk menyelesaikan masalah ini.

Sejak shutdown pemerintahan AS pada 1 Oktober 2013 sebanyak 800.000 pegawai pemerintah libur sementara. IHS Inc mengeluarkan prediksi kerugian perekonomian AS mencapai US$300 juta per hari. (rep10)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index