APEC Bali Diharap Lebih dari Bogor Goals

 APEC Bali Diharap Lebih dari Bogor Goals


Bali – Setelah 19 tahun berlalu, secara substasi KTT APEC Bali diharap bisa lebih dari Bogor Goals.

APEC Bali 2013 dijamin menghasilkan sesuatu yang penting dan berguna untuk negara-negara di kawasan Asia Pasifik, terutama peran Indonesia sebagai ketua APEC selama ini. “Kami berharap dapat menghasilkan sesuatu lebih dai Bogor Goals,“ kata Yuri O. Thamrin yang bertanggung jawab atas Senior Official Meeting (SOM) APEC 2013 tentang update persiapan APEC di Nusa Dua, Kamis (3/10/2013). Sehari-hari Yuri menjabat Dirjen Asia, Pasifik dan Afrika.

Bahasan SOM akan dibawa ke tingkat menteri dan selanjutnya dibawa ke tingkat pemimpin negara. Menurut Yuri bahasan SOM dijamin relevan dengan keadaan saat ini karena terjadinya krisis, yaitu mencakup recovery untuk negara dengan ekonomi lemah, mendekatkan APEC dengan rakyat dan diharapkan hasil APEC kali ini lebih bervisi.

Menurut Ketua ABAC, Wisnu Wardana, bahasan di APEC punya relevansi yang tingi untuk keadaan saat ini. Misalnya soal pembangunan infrastruktur di Asia Pasifik. “Ide konektivitas dan infrastruktur benar-benar ‘lahir’ dari Indonesia,” kata Wisnu Wardana, seoerti dilansir inilah.com

Dari seluruh proposal Indonesia yang berjumlah 20,97% disetujui dan 3% dalam taraf perbaikan (amandeman). Diharap semua proposal akan diterima. (rep10)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index