Wah, Lahan di Bengkalis Terbakar Lagi

 Wah, Lahan di Bengkalis Terbakar Lagi
Ilustrasi.

PEKANBARU - Peristiwa kebakaran hutan atau lahan di Provinsi Riau kembali terjadi. Kali ini terpantau titik panas (hotspot) berada di Kabupaten Bengkalis. Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyatakan hotspot itu terdeteksi oleh National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), Sabtu (28/9/2013).

Menurut BNPB, titik panas tersebut merupakan kemunculan baru setelah sebelumnya juga terdeteksi sebanyak delapan 'hotspot' di daratan Riau. Berkurangnya titik panas yang diindikasi sebagai peristiwa kebakaran hutan atau lahan tersebut menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekabaru disebabkan terjadinya hujan yang merata di beberapa kabupaten/kota di Riau.

Sebelimnya BMKG Stasiun Pekanbaru telah memprakirakan seluruh wilayah kabupaten/kota di Provinsi Riau dalam beberapa hari kedepan berpeluang terjadi hujan dengan intensitas ringan-sedang.

"Kondisi ini jauh berbeda dengan beberapa hari sebelumnya dimana seluruh kabupaten dan kota di Riau dilanda panas atau minim hujan," kata analis BMKG Stasiun Pekanbaru, Warih Budi Lestari di Pekanbaru.

BMKG merilis, seluruh wilayah kabupaten/kota tersebut berpeluanag terjadi hujan ringan-sedang pada sore hingga malam hari.

Suhu udara (temperatur) menurut dia juga telah kembali normal dengan prakiraan maksimum tidak lagi mencapai 35 derajat celsius. Sebelumnya kemarau panjang yang melanda Riau sempat menyebabkan peristiwa kebakaran lahan marak terjadi.(cr01/grc)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index