Anas: Ruhut Seharusnya Jadi Jaksa Agung

 Anas: Ruhut Seharusnya Jadi Jaksa Agung

JAKARTA- Mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, menyayangkan kalau Ruhut Sitompul hanya dijadikan Ketua Komisi III DPR. Menurut Anas, sebagai seorang pengacara senior, Ruhut seharusnya mendapatkan jabatan yang lebih tinggi.

"Kalau pandangan saya, bang Ruhut itu levelnya lebih tinggi dari Ketua Komisi III. Pengalaman lawyer kan 30 tahun, jadi harus lebih tinggi. Seharusnya jadi Jaksa Agung. Terlalu kecil jabatan ketua Komisi III untuk bang Ruhut," jelas Anas saat ditemui di Senayan, Jakarta, Jumat (27/9/2013).

Anas pun, mengibaratkan banyaknya penolakan terhadap Ruhut, seperti batu baterai yang tidak pas pada tempatnya. "Baterai yang cocok itu kan karena levelnya sama, karena lebih tinggi dari yang lain, nyambung baterainya itu lebih susah. Jadi, ini perlu dipikirkan oleh yang mengangkat bang Ruhut, biar tidak ditolak di Komisi III," tegasnya.

Anas ingat, dalam beberapa kesempatan Ruhut selalu mengatakan kalau dirinya ditolak di Komisi III DPR, akan mendapatkan jabatan yang lebih tinggi dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). "Saya baca wawancara bang Ruhut, katanya ‘kalau ditolak jadi ketua Komisi III, barangkali Pak SBY menyiapkan jabatan lebih tinggi untuk saya’. Jadi dia kan tidak menolak kalau diberi tugas yang lebih tinggi," ucap Anas mengikuti gaya bicara Ruhut.

Anas menganggap, ketua Komisi III itu cukup yang setingkat Benny K Harman dan Gede Pasek Suardika. Yang pengalamannya di bawah Ruhut. Saat disinggung siapa yang lebih tepat jabat ketua Komisi III DPR, dia enggan menjawabnya.

"Tentu saya punya pandangan, tapi tidak etis kalau saya menyebut nama. Sebab, yang punya otoritas Partai Demokrat dan fraksi Partai Demokrat di DPR. Pasti adalah," pungkasnya. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index