Caci Jokowi, Bentuk Ketakutan Amien Rais

 Caci Jokowi, Bentuk Ketakutan Amien Rais

Jakarta-Politikus senior Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais dinilai melakukan black campaign, lantaran sering mengungkapkan cibiran terhadap Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi).

Terakhir, mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) itu menyebut Jokowi memiliki kesamaan dengan bekas Presiden Filipina Joseph Estrada. Yaitu, keduanya dipilih menjadi pemimpin berkat popularitas masing-masing.

"Itu bentuk ketakutan dan kekhawatiran Amien Rais. Walaupun belum masa kampanye, namun serangan kepada tokoh tertentu yang bermuatan politik dapat dikategorikan sebagai kampanye hitam," kata pengamat politik Universitas Mercu Buana Heri Budianto, kemarin.

Menurut Heri, elite-elite partai politik di luar PDI Perjuangan mulai gundah dengan realitas politik bahwa Jokowi mampu memimpin elektabilitas di sebagaian besar survei. Terlebih perbincangan di publik semakin ramai menginginkan Jokowi maju sebagai calon presiden.

Seringnya mendapat cacian dari Amien Rais, kata Heri, justru akan semakin menguntungkan Jokowi. Sebab cacian tersebut akan menambah simpati masyarakat Indonesia terhadap mantan Walikota Solo itu.

"Amien Rais bisa membaca potensi politik Jokowi dalam Pilpres 2014. Karenanya Amien sudah menyiapkan strategi politik untuk menjegal lawan politik yang bukan dari partainya. Tapi ini akan menguntungkan Jokowi," tandasnya. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index